5 Hal Tentang BMX Yang Kalian Mungkin Belum Tahu

5 Hal Tentang BMX Yang Kalian Mungkin Belum Tahu

Home » Stories » 5 Hal Tentang BMX Yang Kalian Mungkin Belum Tahu
Boyo Maladi | 28 June 2024

Berawal dari California pada tahun 1960-an, balap sepeda BMX semakin populer hingga kini akan dipertandingkan di Olimpiade Paris 2024, yang akan berlangsung pada 26 Juli  – 11 Agustus.

Untuk BMX Freestyle sebelumnya telah dipertandingkan pertama kali di Olimpiade Tokyo 2020. Sementara untuk BMX Racing lebih dulu dipertandingkan pertama kali di Olimpiade Beijing 2008, dan terus dilombakan hingga Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Berikut ini adalah 5 fakta tentang BMX yang mungkin kalian belum tahu sebelumnya:

1. BMX adalah singkatan dari Bicycle Moto-X, atau balap motocross untuk sepeda.

2. BMX racing lahir di Palms Park, Los Angeles tahun 1969, ketika rider motocross yang juga adalah petugas taman, Ronald Mackler berjumpa dengan sekelompok anak-anak yang ingin balapan dengan sepeda Schwinn Stingrays mereka.

3. Sepeda BMX tersedia dalam ukuran yang variatif. Paling kecil dikenal sebagai ‘micro’, dengan pelek ukuran 18 inci dan diperuntukkan riders dari mulai usia 7 tahun ke atas, sementara paling besar memiliki roda dengan ukuran 24 inci.

4. Maris Strombergs dari Latvia dan Anne-Caroline Chausson dari Prancis menjadi juara Olimpiade pertama untuk BMX yang pertama kali dilombakan di Olimpiade Beijing pada tahun 2008.

5. Start untuk BMX supercross memiliki ketinggian 8 meter atau setara dengan tinggi dua gajah Afrika jantan!

 

Sumber



MORE STORIES