5 Motor Trials Terbaik Yang Jadi Incaran Para Riders Dunia

5 Motor Trials Terbaik Yang Jadi Incaran Para Riders Dunia

Home » Stories » 5 Motor Trials Terbaik Yang Jadi Incaran Para Riders Dunia
HL | 24 June 2024

Moto Trials adalah satu-satunya kompetisi motor yang tidak mengadu kecepatan para pesertanya. Penonton justru dibuat terpukau oleh skill rider dalam menaklukkan obstacle. Walaupun terlihat mirip dengan motor trail, tapi keduanya benar-benar memiliki spesifikasi dan fungsi berbeda.

Jika motor trail biasa digunakan dalam kompetisi motocross atau supercross, bahkan versi legal untuk penggunaan di jalan raya juga umum ditemukan. Motor trial khusus digunakan untuk melintasi medan-medan berat ataupun kompetisi moto trials.

Motor trial memiliki desain yang lebih sederhana dan minimalis dibandingkan motor trail. Motor trial juga lebih ringan dan padat. 

Meskipun sebagian besar mesin memiliki komponen dan spesifikasi yang serupa, hal-hal kecillah yang menghasilkan kombinasi yang tepat. 

Inilah 5 motor trial paling banyak dicari karena performanya yang luar biasa.

  1. Montesa Cota 4T 301RR

Cota 4T 301RR merupakan lini motor andalan pabrikan Montesa, menggunakan mesin 4-tak PGM-FI 298 cc dengan three ring piston yang meningkatkan sealing dan daya tahan. Mesin ini disetel untuk performa optimal pada putaran rendah, dan ECU-nya memiliki dua maps yang bisa dipilih sesuai kondisi. Rangkanya dari aluminium dilengkapi suspensi Show dengan jarak rebound travel 6,2 inci di depan dan 6,7 inci di belakang.

  1. 2023 Sherco 300 ST Racing

Nama Sherco selalu identik dengan performa mesinnya yang tangguh. Lini model Sherco mengalami pembaruan besar-besaran untuk tahun 2023, di mana hampir setiap komponennya mendapatkan upgrade. Rangka baja chromoly baru yang kuat, transmisi lima percepatan lebih ringan, serta semua kontrol telah diupgrade. Mesin dua tak berkapasitas 294 cc juga lebih ringan hampir 5 kg. Dengan penghematan berat pada mesin dan sistem induksi EFI baru, motor 2-tak Sherco sangat responsif.

  1. 2024 Beta EVO 200

Terbuat dari frame aluminium hydro-formed, dengan tangki bahan bakar terintegrasi ke dalam rangka. Mesin reed-valve 194,6 cc dengan transmisi enam percepatan. Suspensi pada EVO 200 adalah fork Paioli 38 mm standar Beta dan shock belakang nitrogen yang dapat disesuaikan. Tanpa bahan bakar, EVO hanya berbobot 146 pon.

  1. 2024 GasGas TXT Racing 250

Jantung dari TXT 250 adalah mesin 2-tak berkapasitas 247,7 cc, dengan katup reed-valve dan forged piston, dan induksinya menggunakan karburator Kehin PWK 28 mm. Rem menggunakan unit BRAKTEC berkualitas tinggi, dan roda terdiri dari hub yang dipotong CNC dan velg MORAD yang tangguh. Suspensi TECH yang dapat disesuaikan memberikan suspension travel sebesar 6,2” di bagian depan dan 6,9” di bagian belakang.

  1. 2024 Vertigo Nitro Works 250

Nitro baru ini tidak sepenuhnya merupakan model baru, karena masih mempertahankan rangka ruang chromoly yang sama dan lima displasemen 2-tak yang berbeda, mulai dari 125 hingga 300 cc, semuanya dilengkapi dengan injeksi bahan bakar. Knalpot stainless steel, stang milik Renthal dengan tipe fatbar, dan rem milik BRAKTEC dapat ditemui di motor ini.



MORE STORIES