8 Trik BMX Freestyle Paling Mudah Sampai Paling Sulit Bagi Pemula

8 Trik BMX Freestyle Paling Mudah Sampai Paling Sulit Bagi Pemula

Home » Stories » 8 Trik BMX Freestyle Paling Mudah Sampai Paling Sulit Bagi Pemula
Boyo Maladi | 09 January 2022

Ada banyak trik dalam BMX Freestyle. Namun bagi pemula, paling tidak ada delapan trik BMX Freestyle yang paling sederhana, dan mudah dikuasai untuk ditampilkan, tapi ada juga trik BMX sulit, atau lebih menantang dilakukan oleh pemula. 

Ingat, bukan berarti delapan trik BMX Freestyle ini harus dikuasai. Bahkan ada sumber lain yang hanya memberikan lima trik dasar, meskipun ada juga yang memberikan lebih dari delapan trik dasar. Bukan masalah, karena yang paling penting adalah semangat untuk mencoba dan terus belajar.

Semakin banyak trik dasar yang dikuasai maka semakin bagus pula hasilnya, bukan? Langsung saja kita mulai.

#1: Manual

Manual adalah trik, di mana seorang pemula belajar berkendara dengan bertumpu pada roda belakang (posisi roda depan terangkat), dan tidak menggunakan pedal. Manual adalah salah satu trik dasar dan pertama yang direkomendasikan bagi pemula.

Cara melakukan Manual

Pertama-tama, pemula perlu tahu bahwa trik Manual adalah tentang belajar mengasah kemampuan menjaga keseimbangan pada roda belakang.

Untuk melakukannya, pertama, angkat roda depan dari tanah. Awalnya memang sulit, kalau belum terbiasa, tapi setelah melalui banyak usaha, seiring waktu pasti bisa melakukannya.

Lakukan hal ini tanpa memikirkan berapa lama kalian mampu mengangkat roda depan. Paling penting kalian harus nyaman ketika menarik setang ke belakang. Kemudian pastikan posisi badan bertumpu ke roda belakang, dengan kedua kaki di atas pedal.

Saat melakukan trik ini, sepeda tidak dikayuh, tetapi dibiarkan berjalan sendiri akibat dari tekanan yang dipusatkan pada roda belakang.

#2: Nose Manual

Trik Nose Manual serupa dengan Manual, yakni menyeimbangkan roda depan tanpa menggunakan pedal. 

Cara melakukan Nose Manual

Pertama, kalian harus belajar bagaimana mengangkat sepeda dari tanah. Perbedaan Manual dan Nose Manual adalah dari roda yang diangkat. Kalau Manual mengangkat roda depan, maka Nose Manual adalah kebalikannya, mengangkat roda belakang, dan kemudian tubuh bertumpu pada tangan yang memegang setang dengan kuat. Saat melakukannya, sepeda tidak dikayuh, tetapi dibiarkan berjalan sendiri akibat dari tekanan yang dipusatkan pada roda depan.

#3: Bunny Hop

Bunny Hop adalah trik BMX ketika rider melakukan lompatan dengan cara mengangkat kedua roda dari tanah secara bersamaan, persis seperti kelinci yang sedang melompat sesuai namanya.

Cara melakukan Bunny Hop

Awali dengan menjalankan sepeda pada kecepatan rendah. Kemudian tarik setang, dan coba angkat roda depan ke atas. Pastikan kedua roda terangkat dari tanah pada waktu yang bersamaan. Dan saat berada di udara, dorong setang ke arah depan, sehingga sepeda kembali turun ke tanah. Begitu seterusnya.

#4: J-Hop

Trik J-Hop serupa dengan Bunny Hop. Diawali dengan mengangkat roda depan dan kemudian diikuti roda belakang. 

Cara melakukan J-Hop

Karena serupa dengan Bunny Hop, maka cara melakukannya juga hampir sama. Sebagai permulaan, tarik setang ke belakang sehingga roda depan terangkat, dan pastikan posisi badan bertumpu ke roda belakang. Ketika roda depan mencapai ketinggian yang diinginkan, langsung dorong ke depan, sehingga momentum ini bisa membuat roda belakang terangkat.

Dan sekarang, ketika kedua roda terangkat, tarik sepeda ke arah kalian, dan mencapai ketinggian tertentu.

#5: 180°

Trik 180° dilakukan saat sepeda melayang di udara, sehingga memungkinkan berputar 180°.

Cara melakukan 180°

Ini adalah salah satu trik BMX Freestyle yang populer untuk pemula. Pertama, kendarai sepeda dengan kecepatan rata-rata, lalu angkat roda depan dengan menarik setang.

Kedua, dorong setang ke depan pada saat mengudara. Pada saat yang bersamaan putar kepala dan bahu sehingga roda belakang mengikuti hingga 180° sebelum sepeda kembali menyentuh tanah dengan kuat. Begitulah dasar trik BMX 180° untuk pemula.

#6: 360°

Pasti kalian paham arti 360° di sini. Ya, serupa dengan 180°, hanya saja, sepeda dan rider berputar 360°.

Cara melakukan 360°

Ikuti semua instruksi yang diberikan pada trik 180°, seperti angkat roda depan, dorong ke depan, putar tubuh, hanya saja sekarang lakukan hingga membentuk sudut 360°.

#7: Bar Hop

Bar Hop adalah teknik yang sangat keren, di mana dilakukan dengan mengangkat kedua kaki ke atas, dan mendorongnya ke depan hingga melewati setang, sebelum akhirnya kedua kaki bertumpu pada jalu roda depan dengan posisi tubuh duduk di atas palang setang.

Cara melakukan Bar Hop

Awalnya, kendarai sepeda dengan kecepatan tinggi. Kemudian angkat kaki dari pedal, seimbangkan sepeda Anda dengan menggunakan tubuh. Dan akhirnya, terbangkan saja kaki kalian di atas setang sepeda. Bar Hop adalah trik yang keren tetapi keterampilan juga diperlukan untuk mencapai hasil maksimal.

#8: Disaster

Disaster adalah trik BMX keren yang biasa dilakukan pada BMX Park yang dilengkapi fasilitas ramp atau infrastruktur yang miring atau berbentuk U dengan bagian horizontal dan vertikal yang terbuat dari semen ataupun kayu, yang bisa dipakai juga untuk skateboard untuk melakukan stunt atau aksi.

Pada dasarnya Disaster adalah trik 180° yang dilakukan pada fasilitas ramp 

Cara melakukan Disaster

Untuk menerapkan triknya, pertama-tama, kalian harus melakukan trik J-Hop untuk meluncur ke bawah, dan naik ke bagian atas ramp. Setelah hampir berada di puncak ramp, lakukan trik 180° dan ketika landing, pastikan roda depan menyentuh bibir bagian dalam ramp, sementara roda belakang menyentuh bibir luar ramp. Selalu jaga ketentuan ini.

                                                     

Perlengkapan untuk melakukan Trik BMX 

Paling tidak ada dua hal yang harus disiapkan sebelum belajar melakukan trik BMX Freestyle. Meskipun kalian nanti sudah pro dalam melakukannya, tapi pastikan jangan melupakan perlengkapan yang berkaitan dengan safety

1. Sepeda BMX yang tepat

Pemilihan sepeda tergantung dengan tipe BMX yang ingin kalian mainkan. Apakah itu BMX Street yang dipakai untuk melakukan aksi di jalan dan infrastruktur kota, sehingga sepedanya biasanya lebih kuat dan berat, karena banyak bersentuhan dengan struktur yang keras. Kadang tidak memiliki rem, agar setang sepeda bisa bebas diputar tanpa terhalang oleh kabel rem. Sehingga untuk menghentikan laju sepeda, pesepeda biasanya menahan roda dengan tapak kakinya.

Ada pula BMX Dirt Jump yang lebih fokus terhadap trik dan atraksi udara yang dilakukan. Sepeda BMX Dirt Jump memiliki wheelbase yang lebih panjang dibanding sepeda BMX lainnya, agar lebih stabil di udara.

Beda lagi dengan BMX Race yang dirancang untuk kecepatan dan kemampuan melompat dengan cepat, sehingga spesifikasi sepeda ini biasanya tidak cocok dipakai untuk kategori BMX yang lainnya.

Namun bagi pemula, sepeda BMX Freestyle adalah pilihan yang tepat. Pilih ukuran sepeda sesuai dengan postur tubuh. Jika kalian memiliki postur cukup tinggi, maka carilah sepeda BMX yang lebih tinggi. 

Kemudian yang harus diingat juga, pilihan terbaik untuk belajar melakukan trik BMX Freestyle adalah di infrastruktur flatland atau skateparks. Namun jika tidak memungkinkan, cobalah dulu di tempat yang aman.

2. Perlengkapan berkendara yang aman

Keselamatan harus dipatuhi untuk mengurangi resiko cedera. Gunakanlah helm, pakaian yang nyaman, sepatu, sarung tangan, dan protector. (BM)

Sumber:

https://www.travelersdoor.com/easiest-bmx-tricks-for-beginners/

https://www.youtube.com/watch?v=X_NX56C0JbQ

https://www.superadventure.co.id/news/22432/5-trik-freestyle-bmx-yang-harus-dikuasai-pemula/

https://www.sepeda.me/sepeda/semua-yang-perlu-diketahui-dari-sepeda-bmx.html



MORE STORIES