Aksi Nekat Rio Lakukan Backflip Di Atas Motor!

Aksi Nekat Rio Lakukan Backflip Di Atas Motor!

Home » Stories » Aksi Nekat Rio Lakukan Backflip Di Atas Motor!
Boyo Maladi | 23 February 2023

Mmm... tak menyangka memang melihat Rio Akbar, atlet nasional BMX mampu melakukan aksi akrobatik backflip di atas motor, sebagaimana video yang diunggah di Instagram miliknya pada 27 Desember 2022 lalu.

Backflip adalah aksi salto ke belakang di atas motor dengan gerakan melingkar 360 derajat dengan tujuan tetap landing dalam posisi sempurna.

Karena seringkali trik freestyle ini berakhir dengan kecelakaan fatal karena pengendara jatuh di bagian leher ditambah dengan beban dari motor trail.

Oleh karena itu, untuk alasan safety diberikan airbag atau kantong udara sehingga rider tak perlu kuatir alami cedera saat hard landing atau crash.

Tapi tunggu dulu... Apa yang membuat Rio nekat melakukan aksi backflip ini? Dan satu hal lagi, dia melakukannya di atas motor!

Ditanya demikian, pria kelahiran Bandung, 16 Juni 1995 yang tergabung dalam 76Rider BMX Squad pun menjelaskan.

“Video itu diambil tahun 2021 lalu saat syuting untuk program 76Rider yang memberikan tantangan kepada atletnya untuk melakukan hal-hal yang belum pernah atau tidak biasa mereka lakukan. Nah, karena disiplin saya adalah BMX race, maka saya diberikan tantangan untuk melakukan trik freestyle motocross. Apesnya, tantangan trik yang harus saya lakukan adalah backflip yang tidak mudah sekaligus bahaya untuk dilakukan,” ngakak Rio.

Sebelum melakukan aksi tersebut, terlebih dahulu Rio diberikan instruksi safety dan tips melakukan backflip oleh Agha Riansyah, crosser nasional sekaligus freestyler yang tergabung dalam 76Rider MX Squad.

Untuk itu syuting dilakukan di Kediri, tak jauh dari basecamp Agha Riansyah. Setelah itu, Rio pun bersiap melakukan aksi akrobatik tersebut, dan hasilnya?

“Sekali nyoba langsung jadi!” girang Rio sambil menunjukkan videonya saat melakukan backflip

Ya pada video itu tampak Rio berhasil melakukan gerakan salto memutar ke belakang di atas motor dengan sempurna, hampir sebanyak 2 kali putaran!

“Kalau saja airtime (waktu melayang di udara) saya sedikit lebih lama. Jadi tuh double backflip,” lega Rio. 

Lantas bagaimana rahasia Rio bisa melakukan backflip dengan sempurna dalam satu kali run saja?

“Jujur saja. Saya sudah pernah melakukan backflip tapi di atas sepeda BMX. Dan ternyata lebih sulit melakukan backflip pakai sepeda ketimbang motor!” ungkap Rio.

Lebih lanjut Rio pun menuturkan bahwa tenaga mesin motor sangat membantu dalam melakukan lompatan ke atas. 

“Juga sangat membantu saat kita memutar motor ke belakang,” sergahnya. 

Dan Rio pun kemudian mengungkap rahasia jurus backflip-nya di atas motor. 

“Jadi pertama kita harus geber abis tuh motor supaya kita bisa take off dengan baik dan mendapatkan airtime yang cukup,” kata Rio. 

Sebelum take off pastikan kita berdiri di atas motor dengan riding position yang benar. 

“Begitu roda depan take off, tarik setang ke belakang. Dan saat roda belakang take off, segera posisi pantat dan kaki mendorong jok ke arah berlawanan sambil menjepit motor dengan kuat menggunakan motor,” jelentreh Rio yang menggunakan motor SE 85cc bermesin 2 tak. 

Ingat, don’t try this at home!



MORE STORIES