Alasan Subang Gantikan Jakarta Sebagai Penyelenggara Kejurnas Superchallenge Supermoto Race 2024

Alasan Subang Gantikan Jakarta Sebagai Penyelenggara Kejurnas Superchallenge Supermoto Race 2024

Home » Stories » Alasan Subang Gantikan Jakarta Sebagai Penyelenggara Kejurnas Superchallenge Supermoto Race 2024
Boyo Maladi | 16 April 2024

Tahun ini, Kejurnas Superchallenge Supermoto Race 2024 mengalami sedikit perubahan pada jadwal penyelenggaraannya.

Digelar sebanyak 5 putaran, atau sama seperti tahun lalu, seri perdana akan dilangsungkan di Kota Yogyakarta pada 26-27 April 2024.

Dilanjutkan dengan putaran 2 di Tasikmalaya pada 17-18 Mei, disusul putaran 3 di Surabaya pada 14-15 Juni, dan putaran 4 di Subang pada 19-20 Juli. Adapun putaran pamungkas bakal digelar di Kota Boyolali pada 30-31 Agustus 2024.

Yang menarik adalah digantikannya Jakarta sebagai kota penyelenggara dan digantikan dengan Subang. Kenapa?

Menurut Mariachi Gunawan dari Genta Auto & Sport selaku Ketua Penyelenggara, hasil evaluasi penyelenggaraan Superchallenge Supermoto Race tahun 2023 lalu, animo penonton di Jakarta dinilai masih kurang ramai. 

“Karena itu kami lebih memilih Subang, karena memiliki sirkuit permanen yang berkarakter cukup unik. Selain itu juga pernah menggelar kejuaraan Supermoto Asia. Harapan kami akan ramai baik dari segi penonton dan para peserta,” tutur Ria sapaannya kepada 76Rider.

Sebagai informasi, Kabupaten Subang sukses menggelar FIM Asia Supermoto Championship 2018 yang digelar di Sirkuit Gery-Mang pada 26-28 Oktober. 

Dan jika mengutip dari Instagram resmi Pemda Provinsi Jawa Barat (@humas_jabar), sirkuit Gery-Mang yang berlokasi di belakang terminal Subang ini didesain oleh IMI Jabar dan Insan Otomotif Subang, dan memiliki panjang lintasan 1,118 kilometer dengan lebar bervariasi 8,5-12 meter.

Yang menarik lagi, jika tahun 2023 lalu final kejurnas supermoto 2023 digelar di Jakarta, maka untuk tahun ini, sirkuit Gokart Boyolali Circuit, Boyolali, Jawa Tengah lah yang didaulat menjadi tuan rumah.

Apakah putaran pamungkas Superchallenge Supermoto Race 2024 ini akan kembali diikuti pembalap luar negeri? 

Ria mengatakan, pihaknya masih merahasiakan hal ini. “Karena untuk mengajak pembalap luar negeri kita harus menunggu jadwal mereka. Kapan mereka selesai dengan jadwal balap mereka di musim kompetisi 2024 ini, sehingga harus kita sesuaikan juga dengan jadwal penyelenggaraan Superchallenge Supermoto Race,” jelas Ria.

Ria menambahkan, jika seandainya mungkin, maka pihaknya berencana mendatangkan pembalap yang sama seperti tahun lalu, yaitu Germain Vincenot dan Silvan Bidart.

“Karena mereka berdua termasuk jagoannya Supermoto Eropa,“ tukas Ria sambil menambahkan, jika memungkinkan maka pihaknya berencana mengundang mereka di putaran final Superchallenge Supermoto Race 2024 di Boyolali. 



MORE STORIES