Apakah Fogging Itu, Dan Bagaimana Mengatasinya?

Apakah Fogging Itu, Dan Bagaimana Mengatasinya?

Home » Stories » Apakah Fogging Itu, Dan Bagaimana Mengatasinya?
Boyo Maladi | 27 August 2021

Tahukah sobat, kadang knalpot motor injeksi keluaran terbaru pun bisa mengeluarkan asap. Dalam istilah teknik, hal ini dikenal dengan sebutan fogging.

Dari website resmi Suzuki (www.suzuki.co.id), diperoleh informasi penyebab dan cara mengatasi masalah fogging.

Tapi terlebih dahulu, kita harus perhatikan warna asap yang keluar. Kalau berwarna hitam, bisa dipastikan proses pembakaran pada mesin kurang maksimal. 

Hal ini bisa disebabkan bensin yang masuk tidak dibakar sempurna karena udara yang kurang. Solusinya cukup penyetelan ulang di ECU atau electronic control unit.

Yang gawat kalau asap yang keluar berwarna putih. Sebab hal tandanya oli mesin naik dan masuk ke ruang bakar hingga ikut terbakar. 

Kondisi ini bisa disebabkan karena banyak faktor. Bisa karena ring piston kering, seal klep sudah aus, piston sudah baret, atau celah klep bocor.

Untuk penanganannya, jika ring piston sudah aus karena sudah digunakan cukup lama, mau tidak mau harus diganti. Terlebih jika motor sering digunakan, dan sudah 1 tahun belum diganti.

Jika piston baret karena sering terlambat ganti oli mesin, mau tidak mau penanganannya harus segera mengganti piston dengan yang baru. Tapi jika dinding silindernya ikut baret, lakukan dulu oversize dan ganti piston yang sesuai.

Sementara jika seal klep keras atau getas karena masa pemakaian yang sudah kadaluarsa, atau karena suhu mesin yang tinggi, maka solusi terbaik adalah dengan menggantinya.

Jika klep bocor karena ada kotoran atau kerak sisa pembakaran yang menghambat dinding klep, tindakan yang bisa dilakukan adalah, dengan skir ulang klep. Agar hasil skir ulang lebih awet, sebaiknya pilih komponen yang tidak mengikis.

Langkah paling aman adalah konsultasikan masalah tersebut dengan bengkel resmi, untuk menghindari masalah yang lebih besar dan butuh anggaran lebih banyak. 



MORE STORIES