BMX Freestyle

BMX Freestyle

Home » Stories » BMX Freestyle
Boyo Maladi | 01 January 1970

Tidak semua daerah di tanah air mempunyai fasilitas umum berupa tempat berlatih BMX Freestyle yang memenuhi syarat. Bahkan di Jogjakarta, kota yang menjadi tempat kediaman Wendy Purnama Putra, BMX freestyler ternama yang saat ini tergabung dalam 76Rider BMX Squad, juga belum ada BMX Park yang sesuai standar.

Karena itulah Wendy mengapresiasi Pemkab Lumajang, Jawa Timur, yang dengan seriusnya membangun sirkuit BMX berskala nasional di kawasan Pemandian Alam Selokambang.

“Ya, seperti disampaikan Pak Bupati sendiri (Thoriqul Haq), pembangunan sirkuit itu tak hanya dimaksudkan untuk memajukan olahraga di Kabupaten Lumajang, namun juga untuk memajukan wisata Lumajang,” kata Wendy.

Lebih lanjut Wendy mengatakan, sementara ini untuk mengatasi keterbatasan tempat berlatih BMX freestyle, dia bersama teman-teman sesama penggiat extreme sports ini bikin tempat berlatih sendiri.

“Pada Oktober 2019 lalu, kami sudah merintis berdirinya Janti Airbag, yaitu tempat berlatih BMX freestyle yang lokasinya ada di sebelah barat Jembatan Janti,” ungkap Wendy.

Ditambahkannya, pembuatan Janti Airbag ini tak lepas dari dukungan 76Rider dalam hal pengadaan perlengkapan dan sewa lahan, termasuk pihak pemilik lahan yang mengizinkan lahannya disewa untuk dijadikan sarana berlatih.

Disebut Janti Airbag karena tersedianya airbag motocross ukuran sangat besar ukuran 20 x 15 meter yang dipakai tempat landing setelah pemain melakukan jumping dan trik di udara. Selain itu, juga dilengkapi starting gate setinggi 5,5 meter sebagai tempat awalan melakukan trik.

Namun Janti Airbag yang mulai digunakan Oktober 2019 kemarin tutup sementara pada Oktober 2020 atau genap setahun.

“Izin sewa habis, karena lahan di lokasi itu diambil alih oleh pihak pemilik untuk digunakan keperluan yang lain,” terang Wendy.

Sekarang ini sambil menunggu perkembangan selanjutnya, Wendy dan teman-temannya sesama penggiat BMX freestyle berlatih dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong yang ada.

"Untuk saat ini kita lagi proses mencari lahan baru, sambil menunggu lahan baru itu kita latihan street atau cek spot. Di bawah fly over janti pun jadi tempat latihan kita untuk sementara." tutup Wendy kepada 76Rider. (*)

 



MORE STORIES