Asyiknya Ngabuburide Bersama Jambol Dan Komunitas Downhill Jepara

Asyiknya Ngabuburide Bersama Jambol Dan Komunitas Downhill Jepara

Home » Stories » Asyiknya Ngabuburide Bersama Jambol Dan Komunitas Downhill Jepara
Boyo Maladi | 29 May 2022

Keguyuban komunitas penggemar sepeda downhill di Jepara memang patut diacungi jempol. Mereka seringkali terlihat melakukan latihan bersama setiap minggu, untuk menjaga kondisi fisik mereka agar selalu prima, dan selalu siap menghadapi kompetisi.

Maklum saja, karena kebanyakan komunitas downhill di Jepara ini adalah atlet profesional. Sebut saja Khoiful Mukhib dan Mohammad Abdul Hakim atau lebih sering disapa Jambol, yang kebetulan keduanya bernaung di bawah bendera 76Rider Downhill Squad.

Termasuk latihan bersama selama bulan puasa tahun ini. 

“Malah bisa dibilang, latihan bersama selama bulan puasa ini adalah yang paling istimewa,” buka Jambol yang beberapa kali menjuarai kejuaraan nasional dan internasional downhill.

Di antaranya adalah juara pertama Asian Downhill Series yang digelar di Cikole, Bandung tahun 2018, dan juara pertama overall Men Elite 76 Indonesian Downhill Championship di tahun yang sama. 

Kembali ke latihan bersama komunitas downhill di Jepara yang memang dikenal sebagai lumbung atlet nasional berprestasi cabang olahraga bersepeda, Jambol mengatakan, kegiatan latber ini juga diselingi buka bersama.

“Jadi boleh dibilang, kegiatan latihan bersama ini sebagai ngabuburide karena latihan sambil menunggu waktu berbuka,” senyum Jambol.

Latber itu sendiri dilakukan pada 10 April 2022 lalu di Somosari Bikepark, Jepara. Kegiatan yang diikuti sekitar 12 rider sekaligus atlet downhill dimulai jam 14 siang berangkat ke lokasi. 

“Kemudian kita latihan bersama sampai jam 17.00 dilanjut buka bersama dengan menu ikan bakar,” tutur Jambol.

Ditambahkan oleh Jambol, latber yang dikemas dengan konsep ngabuburide ini cukup berhasil mengangkat motivasi rider untuk selalu menjadi kesiapan fisik. Apalagi selepas lebaran nanti sederet jadwal kejuaraan telah menanti.

“Ya memang walaupun puasa, kita harus tetap latihan agar tubuh tetap bugar, walaupun latihannya enggak seberat hari biasa,” tukas Jambol.

Karena tetap beraktivitas dalam bentuk latihan bersama ini diharapkan usai lebaran nanti fisik sudah siap hadapi event. 

“Jadi kesiapan kita enggak dari nol lagi,” tandas Jambol.

Selain itu latber seperti ini menambah kebersamaan komunitas downhill di Jepara. 

“Seru juga kan latber terus dilanjut buka bersama di kawasan pegunungan seperti ini, sambil masak-masak sendiri. Lebih asik dan seru,” senyum Jambol.

Karena itulah, kegiatan ngabuburide ini digelar beberapa kali selama bulan puasa tahun ini. 

“Selanjutnya, kita gowes santai ke kota dan bukber di kawasan pantai. Kebetulan Jepara ini ada di pesisir, jadi banyak lokasi yang cocok digunakan untuk latihan sambil buka bersama,” tutup Jambol. (BM)



MORE STORIES