Begini Kalau Atlet BMX Freestyle Dan Downhill Ditantang Main Dirt Jump

Begini Kalau Atlet BMX Freestyle Dan Downhill Ditantang Main Dirt Jump

Home » Stories » Begini Kalau Atlet BMX Freestyle Dan Downhill Ditantang Main Dirt Jump
Boyo Maladi | 13 April 2021

Myth Challenger adalah program baru 76Rider yang menghadirkan sederet tantangan buat atlet yang bernaung di bawah skuad ini, dengan latar belakang berbeda-beda. Sebut saja pada episode yang menghadirkan tema Freestyle with Dirt Jump, Why Not?     

Pada kesempatan shooting video yang diambil di trek Downhill Setro, Jepara, 20 Februari 2021 lalu, sederet atlet 76Rider dari cabang olahraga BMX Freestyle seperti Wendy Purnama, dipertemukan dengan atlet Downhill seperti Abdul Hakim alias Jambol.

“Konsepnya, kami ditantang untuk melakukan trik freestyle saat melayang di udara. Bagi saya yang punya disiplin di downhill, tentu ini menjadi tantangan baru yang menyenangkan,” buka Jambol.

Pada kesempatan ini Jambol menyuguhkan satu trik freestyle yang cukup populer, yaitu 360 atau berputar 360 derajat saat melayang di udara.

“Saya sempat beberapa kali coba. Eh baru dapat setengah putaran (180 derajat) sepeda sudah landing. Sepertinya saya enggak kuat muter, malah sempat jatuh. Tapi asyik sih,” komentar Jambol yang menganggap tantangan ini pasti mudah diselesaikan oleh Wendy yang punya latar belakang BMX Freestyle. Apa benar demikian?

Ternyata enggak mudah juga buat Wendy.

“Sebab kalau saya lihat, yang dipakai jumpingan itu table top downhill. Transisi take off terlalu landai. Enggak tinggi, dan enggak melengkung, sehingga take off-nya landai-landai aja, dan akibatnya air time (waktu saat melayang di udara) terbatas. Itulah sebabnya saya sendiri kurang maksimal dalam melakukan trik freestyle,” kata Wendy.

Memang Wendy membenarkan bahwa dengan menguasai teknik freestyle yang bisa dibilang dasar dari semua cabang extreme bicycling, harusnya freestyler bisa menghadapi tantangan apapun.

“Tapi bagi saya kemarin, yang jadi tantangan itu, kita benar-benar tidak tahu sebelumnya akan seperti apa trek dan obstacle-nya. Begitu kita datang, tahu-tahu langsung diminta turun trek saat itu juga,” kekeh Wendy yang bahkan terpaksa harus puas bermain dengan trik biasa. (BM)



MORE STORIES