BMX Velodrome: Tempat Belajar, Berlatih, Dan Berprestasi Atlet BMX Dan MTB Kota Malang

BMX Velodrome: Tempat Belajar, Berlatih, Dan Berprestasi Atlet BMX Dan MTB Kota Malang

Home » Stories » BMX Velodrome: Tempat Belajar, Berlatih, Dan Berprestasi Atlet BMX Dan MTB Kota Malang
Boyo Maladi | 27 May 2024

BMX Velodrome adalah nama klub olahraga bersepeda seperti BMX dan juga MTB yang telah melahirkan atlet-atlet profesional dari Kota Malang.

Menurut Renoza Aldi Pratama (30 tahun), salah seorang instruktur yang masih tercatat sebagai atlet aktif di cabang MTB, awalnya BMX Velodrome ini bertujuan hanya untuk menyatukan tim-tim BMX dan MTB yang banyak ditemukan di Kota Malang.

Mereka berkumpul di Velodrome Malang yang ada di Jl. Danau Jonge No.1 Mess Balap Sepeda Velodrome.

"Pada perkembangannya, kini BMX Velodrome telah memiliki sekitar 20 siswa lebih, yang sebagian besar adalah anak-anak dari lokal Malang di bawah usia 13 tahun. Tapi ada juga yang di usia dewasa atau Youth," kata pria kelahiran Banyuwangi, 12 Maret 1994 ini. 

Menariknya, siswa BMX Velodrome ini ada yang sudah belajar BMX sejak usia 5 tahun hingga kini berusia 12-13 tahun, dan telah aktif mengikuti open championship tingkat provinsi hingga nasional.

Apakah BMX Velodrome telah berkembang menjadi tim balap?

Ditanya demikian, Renoza Aldi Pratama mengatakan belum ada pemikiran ke sana. 

"Kita belum berani bikin tim balap profesional, karena masih aktif balap," kata pria yang akrab disapa dengan nama panggilan Tarjo ini.

Renoza Aldi Pratama sendiri ketika dihubungi oleh 76Rider sedang mengikuti Asian Mountain Bike Championship 2024 yang digelar 5-7 Mei di Putrajaya, Malaysia.

Beberapa prestasi yang pernah dibuatnya adalah Juara 2 MTB National Championship 2022, Juara 1 National Championship MTB XCE 2023, Posisi ke-6 World Cup MTB Eliminator 2022, dan Posisi ke-7 MTB Eliminator World Championship. 



MORE STORIES