Cari Tempat Latihan Supermoto Atau Motocross Yang Asik? Ini Dia!

Cari Tempat Latihan Supermoto Atau Motocross Yang Asik? Ini Dia!

Home » Stories » Cari Tempat Latihan Supermoto Atau Motocross Yang Asik? Ini Dia!
Boyo Maladi | 29 June 2021

Memilih sirkuit untuk tempat latihan balap supermoto atau motocross, tentunya harus memperhatikan beberapa syarat.

Menurut Gerry Salim, pembalap profesional road race yang telah banyak berkiprah di kejuaraan internasional, dan juga tergabung dalam 76Rider Supermoto Squad, kelengkapan layout dan karakter sirkuit sangat berpengaruh bagi pembalap karena bisa melatih skill.

Itulah alasan Gerry merekomendasikan sirkuit Mijen, Semarang, sebagai tempat untuk melatih skill berkendara supermoto. Tak hanya untuk pembalap profesional, tapi terbuka juga untuk umum (komunitas).

“Iya betul karena sirkuit ini memang terbuka untuk umum. Jadi komunitas pun boleh latihan di sirkuit ini,” kata Gerry.

Soal layout sirkuit, Gerry menambahkan, meskipun treknya lurus dan tidak terlalu panjang seperti sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya, tapi variasi tikungannya termasuk lengkap.

“Ada tikungan S, rolling besar, stop and go, cornering, juga aspal punya kemiringan bagus sehingga bisa buat nikung kencang,” tutur Gerry sambil menyebut bahwa lokasi tersebut bisa jadi opsi bagi penggemar supermoto yang mencari tikungan untuk  dilibas dengan teknik sliding.

Selain sirkuit Gelora Bung Tomo, sirkuit tersebut bisa jadi pilihan untuk menambah jam terbang dan latihan skill.

Sementara bagi yang cari tempat latihan motocross, Agha Riansyah, crosser nasional kelahiran Pasuruan,  8 Mei 1992 yang mengawali karier sebagai pembalap motocross sejak 2008, dan kini tergabung dalam 76Rider MX Squad punya rekomendasi sirkuit yang menyenangkan untuk latihan.

“Utamanya bagi yang cari tempat latihan sambil berwisata bersama keluarga, bisa coba datang ke sirkuit Pantai Prigi, Trenggalek,” buka Agha.

Menurutnya, sirkuit tersebut asyik untuk dikunjungi karena berada di tepi pantai.

“Terus karakter tanahnya berpasir sehingga oke juga untuk menguji ketahanan fisik, selain sebagai tempat refreshing, karena bisa ajak keluarga latihan sambil wisata,” tuturnya.

Selain terbuka untuk umum, biaya sewa juga cukup murah, sekitar Rp 35 ribu untuk sekali latihan per orang.

“Karena berada di lokasi wisata yang sudah populer, sirkuit ini juga mudah diakses dan punya fasilitas lengkap, termasuk penginapan. Malah di dekat situ ada hotel, sehingga bisa jalan kaki menuju sirkuit,” tutup Agha. (BM)



MORE STORIES