Enaknya Punya Launcher Portabel Sendiri, Bisa Latihan BMX Dirt Jump Ke Mana-Mana

Enaknya Punya Launcher Portabel Sendiri, Bisa Latihan BMX Dirt Jump Ke Mana-Mana

Home » Stories » Enaknya Punya Launcher Portabel Sendiri, Bisa Latihan BMX Dirt Jump Ke Mana-Mana
Boyo Maladi | 16 April 2023

Keterbatasan sarana dan prasarana sering kali menjadi masalah bagi pemain BMX freestyle. Namun demikian akal kreatif Wendy Purnama Putra, BMX freestyler yang tergabung dalam 76Rider BMX Freestyle ini tak mau larut dalam masalah klasik.

Pria kelahiran Yogyakarta, 6 September 1987 yang juga membidangi pembuatan sepeda dan motor custom di bengkel miliknya, WBike Kustom membuat sendiri launcher portabel yang bisa dibawa kemana-mana dan digunakan latihan dirt jump.

“Jadi tinggal dibawa ke tempat-tempat yang bisa dipakai latihan, karena launcher ini memang dirancang portabel, dengan ukuran tidak terlalu besar, tapi cukup untuk ukuran sepeda BMX,” buka Wendy sambil memberikan ukuran launcher portabel yang biasa ia bawa dengan motor ber-sespan.

Dibuat full dari besi, launcher portabel miliknya memiliki panjang 180 cm, lebar 70 cm, dan tinggi 1 m. 

“Papan launcher dibuat dari pelat besi tebal 3 mm, sementara rangka dari besi 1,8 mm dan 2 mm,” tunjuk Wendy.

Menurutnya ukuran launcher portabel tersebut sudah cukup ideal untuk latihan karena sudut kemiringan papan launcher tak terlalu vertikal ke atas dan tidak terlalu landai. 

“Sebelum di las, saya coba dulu. Jadi enggak cuma pakai feeling,” kata Wendy.

Ia menambahkan, sebenarnya launcher portabel bisa dibuat lebih mini.

“Cuma harus menyesuaikan sudut kemiringan papan launcher. Jangan terlalu tajam sudut naiknya karena idealnya arah lompatan itu ke depan, bukan ke atas. Selain itu yang perlu diingat, semakin ringan bobot launcher, maka semakin mudah pula bergeser. Jadi harus dipasak dengan kuat supaya tidak mudah geser kalau ukurannya lebih mini dan bobotnya lebih ringan,” pesan Wendy.

Enaknya lagi punya launcher portabel seperti ini lokasi bisa berpindah-pindah. 

“Tinggal cari lokasi landing yang diinginkan seperti apa. Apakah tanah datar, tanah berpasir, atau bahkan sungai kalau mau fun,” tawa Wendy. 



MORE STORIES