Event Balap Downhill Pertama M. Meireza Rifqi: Jujur Saya Nervous...

Event Balap Downhill Pertama M. Meireza Rifqi: Jujur Saya Nervous...

Home » Stories » Event Balap Downhill Pertama M. Meireza Rifqi: Jujur Saya Nervous...
Boyo Maladi | 18 July 2022

TerasCAF Series 2 2022 yang digelar di Klangon Bike Park Yogyakarta pada 26-29 Mei 2022 lalu jadi event downhill pertama yang diikuti Muhamad Meireza Rifqi.

Sebagai info, atlet muda kelahiran Jepara, 10 Mei 2006 yang mengawali karier di ajang BMX pada 2014 mulai intensif latihan downhill sejak 2021 lalu.

Setelah itu, Rifqi mulai bergabung ke dalam 76Rider DH Squad tahun ini.

Kembali ke event downhill pertama yang diikuti Rifqi, yakni TerasCAF Series 2 2022, remaja berusia 16 tahun ini mengaku masih dalam tahap adaptasi.

“Jujur, saya nervous karena belum terbiasa balap downhill, juga masih menyesuaikan dengan sepeda,” ungkap Rifqi.

Secara spesifik Rifqi menjelaskan, ia masih belum terbiasa kompetisi downhill yang menggunakan sistem catatan waktu tercepat perorangan secara bergiliran.

“Ini terasa beda sekali dengan BMX, di mana kita langsung start 8 rider dan berlomba paling depan saat finish. Jadi ada acuannya, yaitu berada di posisi terdepan,” jelas Rifqi. 

Sementara di downhill yang jauh lebih ‘sepi’ karena rider turun satu-per-satu dengan sistem hitungan waktu membuat Rifqi sulit menentukan target.

“Ya saya pikir karena belum terbiasa saja bagaimana kita dituntut mampu mem-push demi mendapatkan catatan waktu sesingkat mungkin,” senyum Rifqi.

Pada kompetisi TerasCAF Series 2 2022 kali ini, Rifqi yang turun di kelas Men Youth harus puas finish di posisi ke-12. 

Catatan paling penting dari event ini menurut Rifqi adalah, bagaimana dia mulai mendapatkan feeling dalam berkompetisi, juga beradaptasi dengan trek dan sepeda yang digunakan.

“Semoga bulan September 2022 mendatang saya sudah lebih siap mengikuti kejuaraan downhill di Kudus,” tandas Rifqi yang kerap berlatih bersama seniornya di 76Rider DH Squad, yakni Khoiful Mukhib dan Mohammad Abdul Hakim alias Jambol.

Persiapan pribadi Rifqi adalah latihan di trek dikombinasikan dengan bersepeda di jalan raya, enduro dan nge-gym antara pagi hingga sore yang dilakukan setiap hari, kecuali di hari Minggu. (BM)



MORE STORIES