Fasya Ahsana Belum Puas Usai Rebut Podium BMX Asia Championship 2022

Fasya Ahsana Belum Puas Usai Rebut Podium BMX Asia Championship 2022

Home » Stories » Fasya Ahsana Belum Puas Usai Rebut Podium BMX Asia Championship 2022
Boyo Maladi | 10 September 2022

Setelah batal bertanding ke UCI BMX World Championships 2022 di Nantes, Prancis yang sejatinya digelar pada 29 - 31 Juli 2022 lalu, kekecewaan Fasya Ahsana Rifki, atlet nasional BMX yang tergabung dalam 76Rider BMX Squad kini sedikit terobati.

Masih dalam upaya perburuan poin menuju Olimpiade, Fasya berlaga mengikuti BMX Asia Championship yang digelar di BMX National Arena, Nilai-Malaysia, pada 20 Agustus 2022.

Hasilnya cukup positif, karena atlet kelahiran Temanggung, 27 Juli 2000 berhasil naik podium kedua di kelas Men U-23.

Fasya hanya kalah dari atlet Jepang, Ryo Shimada di posisi pertama, namun unggul atas Saniy Syahmi Mohd Safiee di posisi ketiga.

“Memang harus diakui, dari semua peserta yang datang dari Thailand, Korsel, Malaysia, Singapura, dan Indonesia sendiri, atlet Jepang jadi lawan terberat,” kata Fasya kepada 76Rider.

Saat ditanya, apa yang jadi kelebihan sang atlet Jepang, Fasya mengatakan, Ryo Shimada bisa konsisten dari awal sampai akhir. 

“Jadi misalnya sempat kalah di satu babak, dia bisa langsung perbaiki di babak selanjutnya,” sergah Fasya.

Selain itu, secara skill, Fasya mengakui Ryo Shimada bisa start dengan bagus saat balapan. 

”Kemudian di pro section dia juga sangat bagus,” kenang Fasya.

Jika melihat video duel Fasya melawan Ryo Shimada yang diunggah di akun Instagram @fasyaahsana.r pada 22 Agustus 2022 lalu, atlet dari negeri Sakura tersebut memang langsung menyodok terdepan setelah start. 

Namun demikian, Fasya berhasil menempelnya di posisi kedua. Perlahan kedua atlet ini mulai membuat jeda dengan atlet di belakangnya.

Namun sayang, tiba-tiba Fasya sedikit tertinggal.

“Memang awalnya saya bisa tempel dia, tapi kemudian ban belakang meleset kehilangan traksi di last corner atau berem terakhir. Akibatnya saya sempat mundur, karena speed berkurang,” ungkap Fasya.

Atas hasil ini Fasya mengaku masih belum puas, karena masih ada tantangan lagi yang harus dijalani.

“Mendatang saya akan bertanding ke BMX Racing World Cup Rounds 5-6 (24-25 September 2022), dan 7-8 (1-2 Oktober 2022) di Bogotá, Colombia yang digelar nyambung karena merupakan putaran terakhir. Semoga bisa berangkat, dan kejadian tidak jadi berangkat ke UCI BMX World Championships 2022 di Nantes, Prancis kemarin karena enggak dapat visa karena terlalu mepet, enggak terjadi lagi,” harap Fasya sambil menginfokan bahwa kejuaraan dunia akan digelar 20 September 2022. (BM)



MORE STORIES