Fungsi Penting Cairan Penetran

Fungsi Penting Cairan Penetran

Home » Stories » Fungsi Penting Cairan Penetran
Boyo Maladi | 26 July 2021

Cobalah lihat bagian dalam tool box atau kotak perkakas yang dibawa mekanik, M. Zulmi yakin di dalamnya pasti ada kaleng penetran.

“Iya, karena fungsi penetran ini banyak sekali, dan mempermudah serta mempercepat kerjaan mekanik,” buka crosser nasional jawara umum Motocross Powertrack National Championship 2019, dan sekaligus juara pertama Kejurprov Jatim 2019 di Banyuwangi, yang sekarang tergabung di 76Rider MX Squad.

Lebih lanjut crosser kelahiran Sidoarjo, 13 Juni 2000 menuturkan, kadang banyak hal sepele tapi sangat mengganggu pada motor yang bisa diselesaikan dengan penetran.

Oh ya, penetran dalam pembahasan ini adalah cairan yang berfungsi menghilangkan karat, sisa oli atau aspal, dan sekaligus melumasi. Karena itu, cairan penetran sangat berguna untuk memudahkan perawatan aneka komponen.

“Biasanya setelah motor habis dicuci bersih, bagian-bagian tertentu disemprot pakai penetran ini. Misal mur-baut biar enggak karatan, termasuk motor berebet, injeksi biasanya dibersihkan pakai penetran ini,” jelas Zulmi yang pernah alami gejala berebet, tapi begitu injeksi disemprot penetran, langsung normal kembali.

“Juga ketika gas atau kopling terasa berat, begitu disemprot langsung ringan. Atau mur-baut yang macet sulit dibuka, begitu disemprot penetran masalah seperti ini bisa langsung selesai,” tukasnya.

Karena itu wajar kalau cairan penetran jadi barang bawaan wajib mekanik, baik di arena balap maupun sehari-hari. (BM)



MORE STORIES