Hah? Oli Motor Matic Dipakai Untuk Motor Special Engine? Ini Jawaban M. Zulmi!

Hah? Oli Motor Matic Dipakai Untuk Motor Special Engine? Ini Jawaban M. Zulmi!

Home » Stories » Hah? Oli Motor Matic Dipakai Untuk Motor Special Engine? Ini Jawaban M. Zulmi!
Boyo Maladi | 19 June 2021

Praktik menggunakan oli di luar peruntukannya memang masih terus jadi perdebatan panjang sampai sekarang.

Dulu sempat marak isu pemakaian oli diesel untuk motor, terutama motor balap. Bahkan mengutip dari salah satu media online nasional terkemuka (Motorplus-Online), di awal era balap motor 4-tak di tahun 2000-an, banyak motor racing yang menggunakan oli diesel.

Dikatakannya, tim asuhan Ibnu Sambodo dari Manual Tech, juara nasional menggunakan pelumas diesel. Ketika itu pembalap Manual Tech menggunakan Suzuki Shogun 110. Pelumas yang digunakan Mesran B40 punya tingkat kekentalan mencapai SAE 40. (Sumber: www.motorplus-online.com).

Menariknya, M. Zulmi, crosser nasional yang tergabung dalam 76Rider membenarkan hal itu.

“Pernah dulu waktu kepepet atau darurat aja, mekanik merekomendasikan pakai oli mesin diesel. Saya tidak hafal betul, tapi cuma ingat Mesran B. Cuma buat dipakai sekali aja waktu balap, atau bisa dua kali pas latihan. Setelah itu langsung diganti karena performanya terasa turun,” ungkap pria kelahiran Sidoarjo, 13 Juni 2000 yang mengawali karier balapnya pada 2012.

Lebih lanjut Zulmi menuturkan, istilah kepepet atau kondisi darurat  terkait dengan ketersediaan oli untuk motor Special Engine yang sempat langka.

“Di motocross, biasanya orang pakai oli Amerika merek Maxima. Harganya sih lumayan mahal, kalau enggak salah Rp 300 ribu per botol. Sudah begitu susah carinya waktu itu. Apalagi belum jamannya toko online,” jelas Zulmi.

Namun ketika ditanya, oli apa yang dipakai Zulmi untuk YZ250 tahun 2019 besutannya, Zulmi menjawab, timnya lebih memilih Motul 5100, meskipun banyak yang mengingatkan resiko dari produk tersebut  karena kualitasnya dianggap buruk.

Tapi tim Zulmi di bawah asuhan Raymond tidak terlalu menggubrisnya.

“Sebab memang nggak pernah ada masalah. Padahal, cara saya bawa motor itu bisa dibilang gradakan (kasar). Tapi enggak pernah ada masalah tuh. Sudah begitu carinya lebih mudah, dan harga lebih murah sekitar Rp 150 ribu per botol,” tutur Zulmi yang menggunakan Motul 5100 sejak 2019.

Dan ketika ditanya, bagaimana dengan oli motor matic jika dipakai untuk motor motocross, Zulmi menyatakan bahwa dia tidak begitu paham dengan hal tersebut. Yang jelas, fungsi oli atau pelumas itu sangat vital dalam menjaga performa sekaligus keawetan mesin.

“Menurut saya harus dilihat dulu, apa sih pentingnya hingga pakai oli motor matic? Sebab peruntukan dan spesifikasinya kan beda antara motor matic yang untuk harian, dan motor motocross yang untuk balap. Kalau enggak penting atau kepepet banget, kenapa mesti ambil resiko?” tandas Zulmi.

Dengan kata lain, lebih baik yang pasti-pasti aja lah. (BM)



MORE STORIES