Jambol Naik Podium Indonesian National Championship (INC) 2022

Jambol Naik Podium Indonesian National Championship (INC) 2022

Home » Stories » Jambol Naik Podium Indonesian National Championship (INC) 2022
Boyo Maladi | 18 September 2022

Mohammad Abdul Hakim akhirnya berhasil menapaki podium ajang bergengsi Indonesian National Championship (INC) 2022 yang digelar pada 23-24 Juli 2022 lalu di Banyuwangi.

INC 2022 merupakan kejuaraan nasional (kejurnas) balap sepeda yang digelar PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), untuk mendapatkan juara nasional dalam semua disiplin balap sepeda, yakni road bike, cross country (XC), enduro, dan downhill.

Event ini hanya digelar setahun sekali, untuk mencari satu juara nasional untuk kategori putra dan putri. Karena alasan inilah kelas yang dipertandingkan hanya kelas prestasi. 

Untuk kategori Downhill misalnya, kelas pretasi yang dilombakan meliputi Men Youth, Men Junior, Women Junior, Men Elite, Women Elite. Sementara kelas hobi tidak dipertandingkan.

Bagi Mohammad Abdul Hakim atau lebih akrab disapa Jambol, atlet nasional downhill yang bernaung di bawah 76Rider DH Squad, podium kedua yang diraihnya ini adalah yang pertama sejak naik ke kelas Men Elite

“Sebelumnya saya hanya berhasil nomor 4 atau 5, di INC ini. Tahun 2021 lalu saya hanya menempati posisi ke-5,” ujar Jambol.

Untuk jalannya kompetisi, Jambol cukup merasa puas meski kalah dari atlet peraih medali emas, Afos Katana.

“Saya cukup puas setelah duel lawan Afos, meski tertinggal 3 detik. Tidak ada kendala apa-apa, semua murni saya kalah unggul,” sportif Jambol.

Menurut Jambol, Afos lebih unggul dalam hal pedaling. Sementara Gantasan Bike Park yang berada di Dusun Jambu, Tamansari, Kecamatan Licin, yang merupakan kawasan lereng Gunung memang didominasi trek pedaling yang menuntut kekuatan fisik.

“Saya sudah tahu kalau trek yang digunakan memang didominasi pedaling, sehingga bakal menjadi ajang adu kekuatan fisik,” kata Jambol.

Untuk itu, Jambol sendiri sudah melakukan persiapan untuk mengantisipasinya. 

“Tapi harus saya akui, kondisi fisik Afos lebih bagus,” kata Jambol. 



MORE STORIES