Kenali Regulasi Umur Dan Kelas Di Kejuaraan Downhill

Kenali Regulasi Umur Dan Kelas Di Kejuaraan Downhill

Home » Stories » Kenali Regulasi Umur Dan Kelas Di Kejuaraan Downhill
Boyo Maladi | 04 August 2021

Banyak atlet sepeda Downhill yang mengawali kariernya dari BMX sejak dari usia anak-anak. Baru setelah menginjak dewasa, beberapa dari mereka ada yang beralih ke balap turun bukit.

Hal ini dituturkan Mohammad Abdul Hakim alias Jambol, atlet nasional sepeda Downhill kelahiran Jepara, 24 Mei 1996.

“Sebab seorang rider baru bisa ikut kompetisi Downhill paling awal di usia 15 tahun, karena baru di batasan usia paling muda itu ada kelas yang dipertandingkan, yaitu Youth (remaja),” jelas Jambol yang sekarang tergabung di 76Rider DH Squad.

Dengan kata lain, kejuaraan sepeda Downhill tidak terbuka bagi anak-anak.

 “Mungkin karena dianggap berbahaya. Selain itu, ukuran dan bobot sepeda Downhill yang tinggi dan berat memang tidak sesuai untuk anak-anak,” jelas Jambol. 

Karena itulah, Jambol menghimbau kepada orang tua yang ingin anaknya meniti karier di cabang olahraga sepeda Downhill, ada baiknya ‘menitipkan’ dulu ke cabang olahraga sepeda yang lain, yaitu BMX.

Lagi pula, dengan mengikuti disiplin yang diajarkan di BMX ini, si anak bisa mendapatkan basic skill yang kelak akan dibutuhkan ketika ‘naik’ ke Downhill.

Adapun penjenjangan kelas menurut umur di Downhill adalah sebagai berikut: 

  • Kelas Youth: 15 - 16 tahun
  • Kelas Junior: 17 - 18 tahun
  • Men Elite: 19 tahun ke atas
  • Women Junior: 17 - 18 tahun
  • Women Elite: 19 tahun ke atas

Khusus untuk kelas Women Junior, Jambol mengatakan, di Indonesia jarang ada kelas Women Junior. 

“Biasanya yang dibuka adalah kelas Women Open bagi atlet wanita berusia 17 - 18 tahun. Atau kalau kelas Women Open ini enggak ada, maka baru bisa ikut di kelas Women Elite dengan syarat usia 19 tahun ke atas,” jelas Jambol. 

Di luar kelas tersebut, juga tersedia kategori hobi. 

“Kelas Hobi ini bisa diikuti pemula berusia 19 tahun ke atas yang belum mampu ikut di kelas Men Elite. Alternatif lain bisa mengikuti kelas Men Open. Di bawah usia itu nggak bisa, karena ada kelas Junior,” jelas Jambol.

Ditambahkannya, untuk pemula wanita usia 19 tahun ke atas, kelas Women Open juga bisa dijadikan alternatif, apabila belum merasa mampu mengikuti Women Elite.

“Sama juga, di bawah usia itu nggak bisa, karena ada kelas Women Junior,” kata Jambol.

Terakhir adalah kelas Master yang dibuka untuk usia 30 tahun ke atas. 

“Dalam kelas ini ada pengelompokan berdasarkan usia, yaitu Master A sampai Master D. Untuk yang paling tua bisa ikut Master D,” imbuh Jambol.

Diharapkan dengan mengetahui regulasi umur dan kelas di kejuaraan balap Downhill, orang tua atau para pemula bisa merencanakan kapan waktu terbaik untuk mulai mengikuti kompetisi.

“Selain itu juga untuk menghindari salah pilih kelas saat mendaftar,” tutup Jambol. (BM)



MORE STORIES