Kisah Rio Akbar Juarai Kejurnas BMX 2023 Di Sirkuit BMX Muncar, Banyuwangi Meski Sempat Jatuh Bangun Dan Cedera

Kisah Rio Akbar Juarai Kejurnas BMX 2023 Di Sirkuit BMX Muncar, Banyuwangi Meski Sempat Jatuh Bangun Dan Cedera

Home » Stories » Kisah Rio Akbar Juarai Kejurnas BMX 2023 Di Sirkuit BMX Muncar, Banyuwangi Meski Sempat Jatuh Bangun Dan Cedera
Boyo Maladi | 06 September 2023

Rio Akbar, atlet yang bernaung di bawah 76Rider BMX Squad akhirnya berhasil menjuarai Kejuaraan Nasional (Kejurnas) BMX di Sirkuit BMX Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, pada Sabtu-Minggu, 26-27 Agustus 2023 lalu.

Tidak mudah bagi Rio untuk merebut podium pertama di kelas bergengsi Men Elite, karena pada sesi Free Practice di hari Sabtu, ia sempat terjatuh dan cedera.

"Lumayan parah, sampai tangan dan paha bengkak, sehingga saya sempat kuatir akan kesulitan untuk balap hari Minggu. Tahu sendiri kan, tangan dan kaki yang kuat sangat menentukan untuk pedaling di awalan start," buka Rio.

Rio juga menjelaskan, ia terjatuh saat latihan bebas hari Sabtu karena angin dari samping (cross wind) kencang sekali.

"Dari sini saya hanya punya waktu kurang dari 1 hari untuk recovery. Sempat kepikiran untuk nyerah aja apalagi karena cederanya sakit banget," lanjut Rio yang akhirnya pasang tekad sebulat-bulatnya untuk memanfaatkan waktu yang ada. 

"Pokoknya dikompres terus bagian kaki yang bengkak," kata Rio yang mengambil risiko terus fight meskipun tahu nggak bakal maksimal saat melakukan start keesokan harinya.

"Cuma kebetulan aja, di Kejurnas BMX kali ini cuma ada satu grup kategori Men Elite aja yang terdiri dari tujuh orang. Kebagi sama kelas baru Men Under 23 yang merupakan bagian dari penjenjangan dan diisi rider junior 17-18 tahun ke bawah.," jelas Rio.

Karena cuma ada satu grup di kategori Men Elite, maka tidak ada babak Final, tapi hanya dipertandingkan 3 kali moto saja.

"Meski cuma sebentar, tapi pertarungan di tiap moto pasti bakal sengit karena tiap rider pasti berusaha maksimal mendapatkan posisi terbaik seperti saat bertarung di babak Final. Jadi ibaratnya kemarin itu, seperti babak Final yang digelar 3 kali," senyum Rio.

Pada Moto 1, Rio berhasil menempati urutan kedua setelah Fasya Ahsana, rekan satu timnya di 76Rider BMX Squad yang menempati posisi pertama.

Lanjut ke Moto 2, Rio justru trouble saat start dan malah jatuh lagi, hingga kaki dan tangannya bengkak lagi, dan harus puas di posisi ke-6. Sementara Fasya masih kuat di posisi ke-3.

Memasuki Moto 3, Rio sadar, mau nggak mau ia harus menempati urutan pertama kalau masih pengen naik podium.

Perjuangannya di moto terakhir ini pun membuahkan hasil setelah menempati posisi pertama, disusul Fasya di urutan kedua.

Dengan hanya selisih 1 poin saja, Rio pun berhak mengenakan jersey national champ untuk kejurnas BMX 2023, sementara Fasya berada di posisi kedua.

Saat ditanya strateginya bisa memenangkan Kejurnas BMX dalam kondisi yang sulit ini, Rio hanya mengatakan, pinter-pinter aja baca posisi rival yang diperhitungkan di tiap motonya.

Sebagai informasi, Kejurnas BMX yang mempertandingkan 13 kategori ini juga digelar sebagai Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON).

Beberapa pembalap nasional yang tampil diajang tersebut di antaranya Rio Akbar yang mewakili provinsi Jawa Barat, juga I Gusti Bagus Saputra dari provinsi NTB. 



MORE STORIES