M. Zulmi Bersiap Jalani Karantina Persiapan Ikuti PON XX Papua Di Cabor Motocross

M. Zulmi Bersiap Jalani Karantina Persiapan Ikuti PON XX Papua Di Cabor Motocross

Home » Stories » M. Zulmi Bersiap Jalani Karantina Persiapan Ikuti PON XX Papua Di Cabor Motocross
Boyo Maladi | 22 October 2021

M. Zulmi, atlet nasional motocross yang tergabung dalam 76Rider MX Squad akan menjalani karantina mulai minggu depan, terkait persiapan Tim Motocross Jawa Timur di gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, yang akan berlangsung 2 - 15 Oktober 2021 mendatang.

Menurut penjelasan Zulmi kepada 76Rider, karantina selama 3 minggu di daerah Malang, Jawa Timur dimaksudkan sebagai persiapan terakhir sebelum tim berangkat ke Papua.

"Selama menjalani karantina di Malang ini, Tim Motocross Jawa Timur akan melakukan latihan intensif di sirkuit Djagung-X yang ada di Plengkung di bawah pengawasan pelatih Jhonny Pranata dan Yusuf Irawan," tutur Zulmi kepada 76Rider (6 September 2021) lalu.

Sebagai informasi, pada gelaran PON XX Papua, Tim Motocross Jawa Timur pasang target dua medali emas di cabang olahraga motocross.

Hal itu disampaikan Bambang Haribowo, atau lebih akrab disapa Bambang Kapten selaku Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Timur.

"Tidak muluk-muluk dan realistis saya kira. Tentu kami tidak asal ngomong, tapi berdasarkan kalkulasi matang dari tim dan seluruh pengurus IMI Jatim. Jadi cukup realistis," ujar Bambang Kapten seperti dikutip dari laman resmi IMI Pusat.

Ada 8 crosser yang memperkuat Tim Motocross Jawa Timur di PON XX Papua, yaitu dua bersaudara Ananda Rigi dan Marcellino Rigi, M. Zidan, dan Koko Indra. Mereka berempat akan turun di kelas MX125. Sementara Zulmi, Raffi Geraldio Tangka, M. Kafa Yogi Ardafa, dan Rafi Ade akan bertanding di kelas MX250. 

Menanggapi peluangnya dalam PON XX Papua, Zulmi mengatakan akan berusaha sebaik mungkin. 

"Kalau medali emas memang agak sulit karena saya baru naik ke kelas MX 2 Senior tahun ini (sebelumnya di MX 2 Junior B). Sementara Rafi Tangka masih belum pulih dari cedera pada bahu sehingga belum maksimal," ungkapnya.

Padahal menurut Zulmi, di kelas MX250 ada beberapa crosser tangguh seperti Delvintor Alfarizi, Diva Ismayana, dan Andre Sondakh. 

Justru menurut Zulmi peluang medali emas, ada pada kelas MX125. Hal ini bila dilihat dari hasil Pra-Kualifikasi Motocross PON XX yang dilangsungkan di sirkuit Tembong Jaya Serang, Banten pada September 2019 lalu.

Pada Pra-Kualifikasi tersebut, dua medali emas Tim Motocross Jawa TImur berhasil didapat Ananda Rigi Aditya di kelas Perorangan MX 125 cc usia 13-17 tahun, dan M. Kafa Yogi Ardafa dan Abdul Majid di kelas Beregu MX 125 usia 13-17 tahun.

Sementara Zulmi pada Pra-Kualifikasi harus puas berada di 15 besar karena terjatuh, padahal sempat menempati urutan ketiga. 



MORE STORIES