M. Zulmi: Harusnya Saya Juara 1 Atau 2 Trial Game Dirt 2022 Seri 2 Temanggung

M. Zulmi: Harusnya Saya Juara 1 Atau 2 Trial Game Dirt 2022 Seri 2 Temanggung

Home » Stories » M. Zulmi: Harusnya Saya Juara 1 Atau 2 Trial Game Dirt 2022 Seri 2 Temanggung
| 17 November 2022

Gelaran Trial Game Dirt 2022 telah berakhir pada 23-24 September 2022 lalu, seiring digelarnya seri ke-2 sekaligus seri pamungkas di Lapangan Maron, Temanggung. 

Dari hanya total 2 seri Trial Game Dirt yang digelar tahun ini, M. Zulmi, crosser nasional yang tergabung dalam 76Rider MX Squad harus puas menempati posisi ke-13 klasemen akhir untuk kelas FFA Open.

Hasil kurang baik yang diperolehnya terjadi karena Zulmi hanya mengikuti satu dari dua seri yang digelar. 

"Pada seri pertama yang digelar di sirkuit Lapangan Bangsalsari, Jember, 1-2 Juli sebelumnya, saya harus absen karena cedera," buka Zulmi pada 76Rider.

Meski hanya tampil di seri kedua atau seri terakhir, namun tadinya Zulmi masih optimis mampu menyodok ke peringkat top 3 klasemen akhir.

"Itu karena pada heat 1-3 seri kedua itu, penampilan saya sudah bagus, masuk pada posisi lima besar di Heat 1 sampai Heat 3," ujar Zulmi.

Kepercayaan diri Zulmi muncul karena penguasaan dirinya membesut motor 450cc sudah sedemikian bagus. 

Sementara kebanyakan pembalap senior di kelas FFA Open lebih memilih motor 250cc yang lebih mudah, dan fleksibel dipacu.

"Tapi saya punya anggapan berbeda. Menurut saya, dengan potensi tenaga yang lebih besar, motor 450cc punya keunggulan tenaga yang melimpah. Tinggal bagaimana joki mengeksploitasi power mesin itu dengan maksimal," kata Zulmi. 

Tapi apa daya. Setelah diguyur hujan pada Sabtu, 24 September 2022 jelang magrib, sirkuit dan obstacle yang terbuat dari kayu menjadi licin terkena air.

Beberapa langkah antisipasi telah diambil panitia penyelenggara dengan memasang karpet pada bagian tengah papan jumping. 

Apes bagi Zulmi. Saat keluar tikungan, Zulmi yang mengikuti racing line pada saat akan jumping, motor justru mengarah ke luar karpet.

Akibatnya begitu roda depan menyentuh landasan pacu papan jumping, ia tergelincir sehingga kehilangan kendali motor. Berikutnya, motor langsung roboh saat Zulmi landing.

"Seandainya enggak jatuh, atau saya sekedar main aman, ada peluang juara 1 atau 2 di Seri kedua ini. Namun sayang, saya terjatuh di Heat 4, sehingga harus turun ke posisi 13," pungkas Zulmi. 



MORE STORIES