M. Zulmi Jajal Super Kirun

M. Zulmi Jajal Super Kirun

Home » Stories » M. Zulmi Jajal Super Kirun
Boyo Maladi | 12 February 2023

Pada Minggu, 15 Januari 2023 lalu dilakukan pembukaan sirkuit baru, yakni Super Kirun yang berada di Desa Sumber Gayam, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek-Jawa Timur.

Pada kesempatan itu, juga digelar fun race berupa latihan bersama untuk pembalap motocross dan grasstrack.

Meski statusnya hanya berupa fun race dan latihan bersama, namun bagi M. Zulmi, crosser nasional asal Sidoarjo-Jawa Timur, event ini pantang dilewatkan.

“Sebab selain sebagai ajang latihan dan pemanasan menghadapi event balap tahun ini, sirkuit Super Kirun rencananya juga akan dipakai sebagai tempat kompetisi motocross dan grasstrack. Jadi penting bagi saya, dan mungkin pembalap lain untuk mencobanya,” lanjut crosser yang bernaung di bawah 76Rider MX Squad.

Sebagai info, dengan dibukanya sirkuit Super Kirun maka di Trenggalek saat ini ada 2 sirkuit motocross. 

Pertama adalah sirkuit Motocross Pantai Prigi yang sudah pernah menggelar kejurnas motocross dan kejurda Jatim, dan berikutnya adalah sirkuit Super Kirun.

Saat ditanya, bagaimana komentarnya usai menjajal sirkuit Super Kirun Trenggalek milik Suwondo Mustofa, crosser veteran Jawa Timur, Zulmi menjawab, secara overall sudah cukup bagus.

Obstacle sudah memenuhi standar nasional menurut saya. Tapi layout sirkuit masih kurang, karena trek masih terlalu sempit,” kata Zulmi.

 Dia juga menjelaskan bahwa sirkuit terkesan mempunyai 2 bagian. 

“Di bagian start hingga ke tengah masih cukup lebar, tapi kemudian ada beberapa bagian trek yang menyempit. Meski kecil karena lahan tidak terlalu luas, tapi soal obstacle seperti camel dan table top terbilang besar dan tinggi,” lanjutnya.

Sementara itu, terkait dengan event Latihan Bersama Executive Jatim MX sendiri, M. Zulmi berhasil naik podium pertama untuk kelas MX Open.

Sementara di posisi kedua ada M. Rizky yang merupakan adik kandung M. Zulmi, dan berikutnya di posisi ketiga ada Agha Riansyah, rekan Zulmi di 76Rider MX Squad.

"Jadi sekali race aja atau langsung final aja. Tapi tetap ada starting grid dan posisi start suka-suka karena tidak terlalu penting. Paling racing line saat masuk berem pertama saja yang penting. Selain itu tidak terlalu berpengaruh,” pungkas Zulmi. 



MORE STORIES