M. Zulmi Lebih Pilih Suspensi Custom Ketimbang Baru, Kenapa?

M. Zulmi Lebih Pilih Suspensi Custom Ketimbang Baru, Kenapa?

Home » Stories » M. Zulmi Lebih Pilih Suspensi Custom Ketimbang Baru, Kenapa?
Boyo Maladi | 10 September 2023

Dalam olahraga motocross maupun grasstrack, suspensi punya peran yang sangat vital dalam mendukung performa motor.

M. Zulmi, crosser nasional yang bernaung di bawah 76Rider MX Squad menggambarkan, suspensi yang maksimal akan berpengaruh terhadap performa motor yang lebih nyaman dikendarai, sehingga pembalap nggak mudah capek.

“Gambarannya, kalau pakai suspensi biasa, meskipun itu suspensi baru, setelah 10 menit aja tangan udah seperti kesemutan, sakit semua. Tapi kalau pakai suspensi yang sudah di-adjust dan di-setting sesuai pembalapnya, setelah 15-20 menit tetap terasa nyaman naik motornya,” ungkap Zulmi.

Dengan kata lain, Zulmi mengatakan, suspensi baru saja tidak cukup, tapi harus di-custom menyesuaikan postur pembalapnya.

Zulmi pun mengungkap pengalamannya setelah mendapat kerjasama sponsor dengan Rey Suspension, spesialis suspensi untuk beragam cabang motor sports seperti motocross, grasstrack, supermoto, reli, hingga off-road.

“Hasil kerjasama ini memungkinkan saya meng-upgrade suspensi berupa penggantian komponen dan setting suspensi baik depan dan belakang, menyesuaikan karakter pembalap,” ungkap Zulmi.

Termasuk juga penentuan volume oli suspensi dan kekentalannya.

Ia pun mengungkapkan custom upgrade yang dilakukan menyesuaikan berat dan tinggi badan pembalap. Berat badan berpengaruh ke keras lembeknya suspensi, sementara tinggi badan menyesuaikan setting ketinggian suspensi.

Enaknya lagi, teknisi Rey Suspension juga me-maintain suspensi usai beberapa kali pemakaian. 

Dari sini Zulmi berani berkomentar, lebih baik meng-upgrade atau meng-custom suspensi yang ada ketimbang beli baru tapi setelan pabrik.

“Tapi lebih joss lagi ya beli suspensi baru, terus di-setting dan di-custom sesuai pembalapnya,” pungkas Zulmi. 



MORE STORIES