Manfaat Supermoto Bagi Pembalap Road Race, Motocross, Hingga Pemula

Manfaat Supermoto Bagi Pembalap Road Race, Motocross, Hingga Pemula

Home » Stories » Manfaat Supermoto Bagi Pembalap Road Race, Motocross, Hingga Pemula
Boyo Maladi | 26 July 2024

Mat Ford Dunn, pembalap yang sukses menjuarai Spanish SM Master Supermoto sebanyak dua kali dan kini menjadi instruktur di Supermotoland (Supermotoland.com) menulis artikel, “Kenapa Supermoto Tepat untuk Kalian.”

“Kita semua tahu, supermoto adalah sepeda motor trail dengan menggunakan ban slick, bukan? Campuran balap jalanan dan motocross, lalu kenapa kalian harus mencobanya? Apa untungnya bagi kalian?”

Demikian paragraf pembuka pada artikel tersebut.

Lebih lanjut Dunn mengatakan, jika kalian mengendarai supermoto maka kalian sama saja dengan mempelajari keterampilan balap jalan raya, keterampilan motocross, dan juga belajar cara mengendarai motor dengan ban licin di tanah, dan juga mengendarai motor dengan ban yang licin karena tertutup tanah saat kalian kembali ke aspal.

Sangat kompleks!

“Jadi ada banyak keterampilan yang dipelajari, dan itu akan membuat kalian menjadi pengendara yang lebih baik di atas motor apa pun yang kalian kendarai,” kata Dunn.

Untuk lebih jelasnya, Dunn pun merinci apa saja keuntungan belajar supermoto menurut latar belakang berbeda.

Pertama adalah keuntungan bagi pembalap road race atau jalan raya.

“Banyak pembalap road race berlatih supermoto untuk menyempurnakan keterampilan mengendarai motor road race yang jauh lebih besar,” ujar Dunn.

Bisa begitu karena menurut Dunn, meski kalian tidak akan mungkin melaju pada kecepatan di atas 300 km/jam, namun motor supermoto berakselerasi dengan cepat jika dibandingkan dengan motor road race. 

“Karena motor supermoto lebih ringan dan mudah bermanuver, maka kalian bisa banyak belajar keterampilan road race, seperti masuk dan keluar tikungan, pengereman, dan kalian juga akan menjadi ahli wheelies karena motor supermoto mudah sekali terangkat roda depannya,” jelas Dunn.

Selain itu, motor supermoto dibuat untuk tahan banting, jadi tak usah khawatir ketika jatuh kalian akan merogoh kocek terlalu dalam. 

“Karena kecepatannya lebih rendah, maka kemungkinan cedera juga jauh lebih kecil,” lanjut Dunn yang mengaku dulu, ia juga adalah pembalap road race.

“Tapi begitu saya coba supermoto, saya jadi kehilangan minat pada road race,” katanya.

Lalu apa keuntungan belajar supermoto bagi seorang pembalap motocross dan sejenisnya?

Dunn langsung mengatakan, karena lebih dulu mengenal motocross maka artinya kalian telah melewati bagian yang paling sulit.

“Dengan kata lain, semua keterampilan motocross yang telah kalian pelajari akan membuat kalian siap untuk supermoto!” 

Lebih jauh Dunn mengatakan, bagian tersulit dari supermoto adalah membawa motor dengan ban slick atau gundul tanpa kembangan melewati tanah yang bisa sangat licin.

Tapi jika kalian terbiasa melarikan dan mengendalikan motor di atas lintasan yang licin, baik itu lintasan tanah maupun aspal, maka semuanya akan berjalan dengan baik.

“Kebanyakan pembalap motocross bisa menang di balap supermoto ya karena semua ini,” tukas Dunn.

Ia pun menambahkan bagian paling penting. 

“Ketika menghadapi aspal, fakta bahwa kalian bisa mengendarai motor supermoto dengan gaya MX di aspal membuat kalian merasa betah memacu motor meskipun saat menikung. Kepercayaan diri segera muncul dan tiba-tiba kalian sangat menikmati trek, aksi balapan, dan rasanya luar biasa!!!”

Terakhir, Dunn juga menuliskan, apa keuntungan belajar supermoto bagi pemula yang hanya suka mengendarai motor di jalan raya.

“Untuk semua alasan di atas kalian benar-benar perlu mencoba supermoto. Selain menyenangkan, ini juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan pemahaman tentang cara mengendarai motor dengan cepat dan aman,” ungkap Dunn.

Ia pun mengatakan, hanya beberapa hari mengendarai supermoto dengan beberapa instruksi yang diberikan dengan baik, maka kalian akan siap menikmati motor.

“Di Supermotoland, saya melatih pemula hingga ahli dan semua orang melaju lebih cepat dan dengan serangkaian keterampilan berkendara yang benar-benar baru, baik itu untuk jalan raya maupun trek balap. Jadikan diri kalian pengendara yang lebih baik dan lebih aman dengan sedikit aksi supermoto!” tutup Dunn. ***

 

Sumber



MORE STORIES