Mau Tambah Atau Modif Komponen Kelistrikan?

Mau Tambah Atau Modif Komponen Kelistrikan?

Home » Stories » Mau Tambah Atau Modif Komponen Kelistrikan?
Boyo Maladi | 29 August 2021

Sebagian rider punya keinginan untuk memasang perangkat keamanan seperti alarm agar motor supermoto tidak dibobol maling. Sekalian juga pasang lampu hazard yang dibutuhkan saat touring, dan penambahan perangkat lainnya. 

"Weits, tunggu dulu! Setahu saya, penambahan perangkat baru yang berkaitan dengan kelistrikan justru akan menimbulkan masalah," komentar Tommy Salim, pembalap jawara Asia Cup of Road Racing Championship 2011, yang sekaligus adalah jawara Trail 175 Open Trial Game Asphalt 2019, yang kini tergabung dalam 76Rider Supermoto Squad.

Namun ketika ditanya lebih lanjut, Tommy angkat tangan. "Jujur untuk modifikasi seperti itu, saya tidak menguasai," senyum cowok kelahiran Surabaya, 25 Januari 1995 yang memang dikenal gemar memodifikasi motor. Terutama jika berkaitan dengan performa.

Dari sini 76Rider coba mencari sumber lain. Memang ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat memodifikasi motor. Salah satunya adalah memodifikasi sistem penerangan (lampu motor), penambahan alarm, atau komponen lain yang berkaitan dengan sistem kelistrikan.

Pada website resmi Wahana Makmur Sejati (wahanahonda.com), selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Jakarta dan Tangerang, misalnya didapat keterangan jenis-jenis lampu yang diperbolehkan dan dilarang.

Dikatakan bahwa penggantian lampu utama motor yang awalnya menggunakan lampu halogen, lalu diganti dengan lampu LED masih diperbolehkan atau tidak menyalahi aturan.

"Yang penting pastikan menggunakan lampu yang berfungsi dengan baik, dan tidak menyilaukan pengendara lain." 

Begitu yang tertulis pada artikel berjudul, 'Modifikasi Motor Boleh Dilakukan Asal 4 Hal Ini Kamu Lakukan'.

Sementara itu, lampu yang dilarang digunakan dalam modifikasi yaitu lampu rotator. Lampu dengan nyala biru hanya boleh digunakan pada mobil polisi, pemadam kebakaran, dan ambulans.

Sementara dari Planet Ban sebagai jaringan toko modern di Indonesia di bawah naungan PT. Surganya Motor Indonesia yang bergerak di suku cadang motor mengingatkan, bagi yang gemar memodifikasi motor, khususnya pada bagian lampu, wajib hukumnya untuk mengetahui bahwa hal tersebut mampu membuat aki motor sangat cepat tekor. 

"Hal ini disebabkan karena variasi lampu yang digunakan untuk motor, memerlukan aliran listrik yang cukup besar.  Dengan demikian kerja aki menjadi tidak seimbang. Ini dianalogikan seperti pemasukan tidak sesuai dengan yang pengeluaran."

Demikian informasi yang didapat dari website resmi Planet Ban (planetban.com). 

Lebih lanjut disarankan sebelum memodifikasi, yang harus dipertimbangkan adalah melakukan modifikasi yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Misalnya, jika ingin menambahkan lampu yang cahayanya terang, maka muatan aliran listrik pun harus juga disesuaikan. Jadi semua harus seimbang antara yang masuk dan yang dikeluarkan. Hal ini penting untuk menghindarkan aki motor dari kemungkinan tekor. 

Untuk itu, lebih baik konsultasikan dulu dengan bengkel resmi sebelum melakukan modifikasi. Hal tersebut penting dilakukan untuk menghindari gugur asuransi karena kesalahan dalam modifikasi. 



MORE STORIES