Menguji Adrenalin Di Track Mountain Bike Bawah Tanah, Black Hole Trail

Menguji Adrenalin Di Track Mountain Bike Bawah Tanah, Black Hole Trail

Home » Stories » Menguji Adrenalin Di Track Mountain Bike Bawah Tanah, Black Hole Trail
Boyo Maladi | 09 June 2024

"Jalur enduro bawah tanah satu-satunya di dunia" – begitulah slogan yang menggambarkan Black Hole Trail. Jalur ini menawarkan pengalaman unik mengendarai sepeda di bawah tanah, memadukan petualangan dan tantangan ekstrem. Berada di bekas tambang Peca, berkat pengerjaan rumit dari para track builder, tempat ini telah diubah menjadi sebuah track underground yang memompa adrenalin bagi para penggemar mountain bike.

Terletak di kota Mezica, wilayah Koroska, Slovenia, Black Hole Trail berada dalam tambang yang telah ditutup, Peca (Petzen). Hingga awal 1990-an, lokasi ini merupakan tambang timah dan seng. Setelah tambang ditutup pada tahun 1997, rute wisata pertama mulai dibuka di sini, mengubah tempat ini dari area tambang menjadi tempat wisata yang menarik.

Seiring berjalannya waktu, jalur sepeda wisata dengan tingkat kesulitan yang mudah pertama kali dibuka untuk pengunjung. Lalu, pada tahun 2018, jalur enduro yang menantang untuk mountain bikers secara resmi diluncurkan. Black Hole Trail adalah jalur bawah tanah sepanjang 10 km dengan penurunan kedalaman sekitar 150 meter yang melintasi 5 tingkat bekas tambang. Jalur ini memberikan pengalaman yang luar biasa, memadukan sensasi berkendara di kegelapan dengan obstacle yang menantang.

Untuk bisa melibas Black Hole Trail, rider wajib menghubungi tim "Bike Nomad" selaku pengelola dan guide. Karena demi keselamatan, jalur ini hanya bisa diakses dengan pemandu. Menurut tim Bike Nomad, perjalanan di jalur bawah tanah ini memakan waktu sekitar 3 jam, memberikan cukup waktu untuk menikmati setiap tantangan yang ada.

Jalur ini diperuntukkan hanya untuk rider berpengalaman. Bahkan di antara mereka yang berpengalaman, tidak banyak yang mampu melintasi semua bagian turunan yang ada di jalur ini. Black Hole Trail tidak memiliki penerangan, sehingga setiap rider harus membawa headlamp sendiri atau meminjamnya di tempat. Disarankan menggunakan headlamp dengan pencahayaan kuat yang terpasang di helm. Selain itu, pelindung siku dan lutut wajib dikenakan untuk keamanan.

Black Hole Trail tidak hanya menawarkan tantangan fisik, tetapi juga pemandangan yang menakjubkan di dalam tambang. Setiap tikungan dan belokan di jalur ini memperlihatkan struktur geologis dan sisa-sisa industri tambang, menciptakan suasana yang tak terlupakan. 

Bagi para adrenaline junkie yang mencari pengalaman unik dan menantang, Black Hole Trail adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Dengan kombinasi adrenalin, keindahan bawah tanah, dan sejarahnya, jalur ini menawarkan sesuatu yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. 



MORE STORIES