Motivasi Fasya Menangkan 2 Kategori Pada Kejurnas BMX 2022 Pulomas, Jakarta

Motivasi Fasya Menangkan 2 Kategori Pada Kejurnas BMX 2022 Pulomas, Jakarta

Home » Stories » Motivasi Fasya Menangkan 2 Kategori Pada Kejurnas BMX 2022 Pulomas, Jakarta
Boyo Maladi | 08 April 2022

Selama karier BMX Race yang digelutinya sejak 2009, baru di Kejurnas BMX 2022 yang digelar di Jakarta International BMX, Pulomas, Jakarta, Sabtu, 26 Maret 2022 lalu, Fasya Ahsana Rifki menang di dua kategori sekaligus.

Atlet nasional BMX kelahiran Temanggung, 27 Juli 2000 yang tergabung dalam 76Rider BMX Squad menang di kategori Men Elite dan U-23 (di bawah usia 23 tahun).

Bagi Fasya tidak mudah untuk menang di dua kategori sekaligus. Bahkan ia mengaku, baru pertama kali ini ikut di dua kategori.

“Capek banget rasanya. Bayangkan saja, dalam event yang digelar satu hari penuh mulai pagi untuk babak penyisihan sampai dilanjut final jelang Maghrib, hanya ada waktu 10 menit saja untuk recovery usai kategori U-23 sebelum lanjut ke ke Men Elite,” ungkap Fasya.

Dari sini Fasya mengungkap motivasinya ikut dua kategori langsung. 

“Saya ikut kategori U-23 sebagai persiapan menghadapi BMX World Cup 2022 yang diselenggarakan di Prancis (2 seri), dan Belanda (2 seri). Belum tahu kapan digelar, tapi saya berangkat kalau enggak awal April atau akhir Mei,” tutur Fasya yang mengaku terbiasa Lebaran sendirian saat berkompetisi atau ikut pemusatan latihan atau TC.

Sementara untuk Men Elite, kategori ini wajib ia ikuti untuk mengumpulkan poin sebagai persyaratan mengikuti Olimpiade 2024. 

“Jadi saya harus ngumpulin poin dari sekarang,” tutur Fasya yang pernah tercatat sebagai atlet termuda di Timnas BMX Indonesia.

Selain itu, Kejurnas BMX 2022 di Pulomas, Jakarta jadi tolak ukur bagi Fasya setelah 3 minggu menjalani TC Pelatnas yang diadakan di Jakarta.

“Terus terang saya latihan keras sekali selama TC 3 minggu itu,” kata Fasya yang menyebut pertarungan memenangkan dua kategori yang diikutinya sangat tidak mudah.

Pada final kategori Men Elite, Fasya yang mewakili Jawa Tengah finish terdepan setelah melahap trek sejauh 0,340 km dengan catatan waktu 35,868 detik. 

Ia berhasil mengalahkan wakil Jawa Barat sekaligus rekan satu timnya di 76Rider BMX Squad, Rio Akbar, di posisi kedua dengan selisih waktu hanya 0,156 detik saja! 

Sementara atlet pelatnas asal Jawa Timur, Yussi Wakhidur Rizal di posisi ketiga terpaut 0,286 detik. Dari sini bisa dilihat ketatnya persaingan antar atlet. 

Sementara pada kategori Men U-23, Fasya yang kini berusia 21 tahun finis di urutan pertama dengan catatan waktu 34,990 detik. 

Ia berhasil mengalahkan Yosi Saputro dari Jawa Barat, dan atlet pelatnas asal Yogyakarta, Aditya Fajar Putu Soekarno yang masing-masing finish di urutan kedua dan ketiga. 



MORE STORIES