Moto Trials: Cabang Motocross Yang Menguji Skill Dan Fokus

Moto Trials: Cabang Motocross Yang Menguji Skill Dan Fokus

Home » Stories » Moto Trials: Cabang Motocross Yang Menguji Skill Dan Fokus
Boyo Maladi | 09 June 2024

Dunia motocross mempunyai banyak hal menantang untuk ditawarkan. Salah satunya adalah Moto Trials. Moto Trials adalah salah satu cabang motocross yang melibatkan kompetisi motor trail, di mana juri menilai kemampuan pengendara dalam hal kontrol, keseimbangan, teknik manuver, dan lain-lain.

Moto Trials adalah acara motocross yang fokusnya bukan pada kecepatan, biasanya dibagi menjadi beberapa bagian. Ini dianggap sebagai bentuk motor trail yang paling sederhana dan aman, bahkan anak-anak kecil yang sudah pernah naik motor trail bisa ikut kompetisi ini.

Berbeda dengan kompetisi motor trail lainnya, uji coba ini bukan tentang siapa yang paling cepat. Kamu nggak akan balapan di trek melawan orang lain, hanya melawan diri sendiri, meskipun terdengar klise. Tapi ini tetap kompetisi, karena pemenangnya ditentukan lewat sistem point.

Selama kompetisi, ada pengamat di setiap bagian yang akan memberi kamu skor berdasarkan obstacle standar. Kompetisinya juga bisa berlangsung baik di dalam ruangan maupun luar ruangan.

Salah satu hal menarik dari kompetisi Moto Trials adalah kebebasan memilih kategori atau level yang ingin diikuti. Kamu bisa menilai sendiri seberapa siap untuk naik ke level berikutnya. Kalau merasa keterampilan sudah setara dengan pengendara pro, kamu bisa langsung melewati level pemula atau amatir.

Moto Trials ini terbuka untuk pengendara muda maupun tua. Ada juga kelas untuk remaja dan senior. Meski begitu, penyelenggara event ini sangat mengutamakan keselamatan. Jadi, kamu harus memenuhi semua perlengkapan yang diperlukan sebelum mengikuti kompetisi.

Tempat acara ditentukan oleh penyelenggara. Obstacles di setiap bagian bisa berupa unsur alam atau buatan manusia. Nggak jarang kamu akan menemui rintangan seperti batang kayu, pohon, gundukan tanah, bukit, bebatuan, dan bongkahan batu besar.

Keseimbangan dan kontrol adalah dua keterampilan utama yang dinilai selama event ini. Penilaian untuk setiap bagian biasanya menggunakan sistem 5 point, dengan lima point sebagai nilai tertinggi. Jadi, skor keseluruhan kamu adalah total dari semua point yang kamu kumpulkan selama kompetisi.

Aturannya lebih fokus pada melewati rintangan tanpa kaki kamu menyentuh tanah dalam prosesnya. Tujuan kamu adalah mendapatkan point sebanyak mungkin. Namun, setiap kali kaki kamu menyentuh tanah, satu point akan dikurangi. Pelanggaran ini disebut sebagai prods atau dabs.

Moto Trials adalah peluang bagus untuk menunjukkan skill dalam berkendara. For Your Information, event seperti Moto Trials juga telah menjadi batu loncatan bagi banyak juara balap sepeda motor trail. Tertarik untuk mencoba? 



MORE STORIES