Pengen Aman Main Road Bike Atau MTB, Pakai Helm MIPS!

Pengen Aman Main Road Bike Atau MTB, Pakai Helm MIPS!

Home » Stories » Pengen Aman Main Road Bike Atau MTB, Pakai Helm MIPS!
Boyo Maladi | 28 March 2022

Untuk alasan safety, Rio Akbar, atlet nasional BMX race asal Bandung yang tergabung dalam 76Rider BMX Squad memilih menggunakan helm yang dilengkapi teknologi terbaru MIPS (Multi-directional Impact Protection System).

“Sebenarnya saya pakai sudah sejak 2018 sih, tapi sekarang memang helm MIPS ini banyak dipakai karena manfaatnya dalam meredam benturan ke kepala sehingga lebih aman,” buka pria kelahiran 16 Juni 1995.

Lebih lanjut Rio menuturkan, helm yang dilengkapi MIPS memiliki cangkang di bagian dalam yang bisa dilepas dan dipasang. Nah, cangkang inilah yang bertugas meredam benturan ke kepala, terutama melindungi otak. 

Sementara itu, mengutip dari situs Cycles et Sports, prinsip teknologi MIPS adalah meniru peran cairan serebrospinal yang melindungi otak kita. 

Saat terjadi goncangan, sistem MIPS akan menyerap energi benturan, sehingga otak tidak akan membentur tengkorak sehingga lebih terlindungi.

Rio sendiri pernah terjatuh menggunakan helm yang dilengkapi MIPS.

 “Yang saya rasakan waktu itu, karena ada peredam benturannya, maka kepala enggak terlalu pusing,” kata Rio.

Sebagai informasi, helm dengan MIPS hanya digunakan pada helm road bike, mountain bike, BMX, dan motocross. 

“Tapi nggak semua helm road bike dan mountain bike dilengkapi MIPS,” kata Rio sambil menyebut beberapa merek luar negeri. 

“Sejauh ini saya lihat belum ada sih, helm merek lokal yang menggunakan MIPS,” lanjut Rio yang beberapa kali menjuarai kejuaraan BMX internasional, seperti Asian BMX Championship 2018 di Chainat – Thailand, dan BMX International C1 2017 di Suphanburi – Thailand. 

Soal harga memang lumayan mahal. 

“Untuk helm MIPS model full face mulai Rp 4 jutaan, sementara model half face mulai 3 jutaan,” terang Rio sambil menyebut beberapa merek luar negeri.

Selain itu Rio menyebutkan bahwa saat ini banyak juga pemain sepeda BMX yang menggunakan helm motocross, yang bobotnya memang lebih berat.

“Sebab beberapa waktu lalu ada kejadian crash pakai helm BMX full face sampai pecah di Surabaya. Mungkin dari kejadian-kejadian seperti ini teman-teman lebih memikirkan safety hingga beralih ke helm motocross,” kata Rio. 

Nah, dengan adanya helm berteknologi MIPS, paling tidak menurut Rio ada alternatif pilihan selain helm motocross. Apalagi, harga helm motocross hampir sama dengan helm BMX berteknologi MIPS(BM)



MORE STORIES