Penuh Tantangan, Tiga Track Paling Menakutkan Di UCI World Cup Downhill

Penuh Tantangan, Tiga Track Paling Menakutkan Di UCI World Cup Downhill

Home » Stories » Penuh Tantangan, Tiga Track Paling Menakutkan Di UCI World Cup Downhill
RN | 20 July 2024

Balap downhill UCI World Cup telah berlangsung di seluruh dunia, dengan lebih dari 50 venue di 17 negara. Dari sekian banyak track, terdapat setidaknya 3 jalur yang dianggap sebagai jalur tersulit dan berbahaya bagi riders yang berkompetisi.

Peringkat ke-3 – Fort William, Skotlandia

Terletak di Nevis Range di Pegunungan Tinggi Skotlandia, Fort William telah menjadi bagian tetap dalam kalender UCI. Terkenal dengan atmosfer luar biasa di garis finish dan cuacanya yang tak terduga, track ini menawarkan obstacle-obstacle yang sulit di sepanjang jalurnya.

Menurut Rachel Atherton, track ini "benar-benar brutal", dengan slab besar, lompatan yang besar, zona hutan yang sempit, dan bagian favorit dari para penggemar di bagian motorway di ujung jalur.

Peringkat ke-2 – Mont Sainte-Anne, Kanada

Track downhill ini seolah tidak memberikan riders kesempatan untuk bernafas dan sering digambarkan sebagai track yang brutal dan ganas, banyak sepeda yang telah menjadi korban dari track ini selama dua setengah dekade terakhir. Track ini terkenal panjang dengan campuran jalur terbuka dan hutan yang berbahaya. Penambahan obstacle berupa drop batu besar beberapa tahun lalu pun menambah tingkat kesulitannya.

Peringkat ke-1 – Val di Sole, Italia

Menempati posisi puncak sebagai track tersulit bagi sebagian besar riders, adalah Val di Sole di Italia. Jalur Black Snake terkenal sangat curam dan teknis, bahkan lebih menantang dari Mont Sainte-Anne. Ini adalah track di mana riders harus mempertahankan fokusnya sejak dari garis start hingga garis finish. 

Beberapa pendapat dari rider-rider elite downhill membuktikan kesulitan dari jalur satu ini.

Loïc Bruni dari tim Specialized Gravity menganggap Val di Sole sebagai salah satu track paling sulit yang pernah dihadapinya. Bagi Bruni, track ini membutuhkan keterampilan teknis dan fokus yang tinggi. Dia menekankan pentingnya menghindari kesalahan.

Brook Macdonald dari GT Factory Racing menggambarkan Val di Sole ini sebagai ujian nyata untuk fisik dan keterampilan teknis. Macdonald meyakini bahwa balapan di sini sebagai sebuah pembuktian untuk memperlihatkan siapa riders yang mampu bertahan tanpa istirahat selama tiga menit penuh di jalur penuh obstacle teknis ini.

Marcelo Gutierrez dari Giant Factory Off-Road dengan tegas menyebut Val di Sole sebagai track yang sulit, sempit, menakutkan dan memerlukan keberanian ekstra untuk menghadapinya.



MORE STORIES