Persiapan Mukhib Dan Jambol Hadapi Indonesian National Championship (INC) 2022: Siapa Juara Nasional?

Persiapan Mukhib Dan Jambol Hadapi Indonesian National Championship (INC) 2022: Siapa Juara Nasional?

Home » Stories » Persiapan Mukhib Dan Jambol Hadapi Indonesian National Championship (INC) 2022: Siapa Juara Nasional?
Boyo Maladi | 15 August 2022

Indonesian National Championship (INC) 2022 adalah sebuah kejuaraan nasional (kejurnas) balap sepeda gelaran tahunan PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) untuk mendapatkan juara nasional dalam semua disiplin balap sepeda yang dinaunginya, yakni road bike, cross country (XC), enduro, dan downhill.

Event ini hanya digelar setahun sekali, untuk mencari satu juara nasional untuk kategori putra dan putri. Karena alasan inilah kelas yang dipertandingkan hanya kelas prestasi. 

Untuk kategori Downhill misalnya, kelas prestasi yang dilombakan meliputi Men Youth, Men Junior, Women Junior, Men Elite, Women Elite. Sementara kelas hobi tidak dipertandingkan.

76Rider DH Squad sendiri mengirimkan empat atlet nasional downhill yang dinaunginya pada Indonesian National Championship (INC) 2022 yang digelar 15-24 Juli 2022 di Banyuwangi.

Mereka adalah Khoiful Mukhib, Mohammad Abdul Hakim, dan Revano Dwi Pradana yang turun di kelas Men Elite. Selain itu ada juga Muhamad Meireza Rifqi yang berlaga di kelas Men Youth.

Ditanya peluangnya memenangkan INC 2022 untuk Downhill, Mohammad Abdul Hakim alias Jambol seperti biasa lebih memilih untuk tidak terlalu banyak bicara. 

“Nggak ada persiapan khusus, yang penting melakukan yang terbaik,” komentar Jambol pada 21 Juli 2022 jelang sesi latihan pada 76Rider.

Sementara Khoiful Mukhib tampak lebih serius menghadapi INC 2022 untuk Downhill yang dijadwalkan berlangsung pada 23-24 Juli 2022 di Gantasan Bike Park, Dusun Jambu, Tamansari, Kecamatan Licin, yang merupakan kawasan lereng Gunung Ijen.

“Saya yakin pastinya semua rider pasang target karena saat ini persaingan semakin ketat, dan junior sudah semakin bagus-bagus. Apalagi event INC 2022 ini sangat penting karena ada poin UCI yang lumayan besar,” buka Mukhib kepada 76Rider sehari sebelumnya, yaitu pada 20 Juli 2022.

Untuk itu Mukhib mengaku telah menyiapkan diri dengan latihan endurance secara intensif sejak 2 bulan untuk menghadapi ajang tersebut.

“Paling penting adalah menentukan strategi yang tepat. Memang saya belum pernah menjajal trek di Gantasan Bike Park ini. Tapi dari informasi yang kami terima, karakter treknya adalah pedaling, yang berarti kekuatan fisik dan stamina rider sangat menentukan, sementara skill hanya 10 persen saja,” yakin Mukhib.

Hal senada diungkap Jambol. 

“Memang karakter Gantasan Bike Park ini didominasi pedaling dengan kondisi trek basah karena sering hujan. Itu artinya, kekuatan fisik rider sangat menentukan kekuatan pedaling,” timpal Jambol. 

Lantas siapa yang akan jadi Juara Nasional dan berhak mengenakan jersey Indonesian National Champion



MORE STORIES