Rekomendasi Jalur Bersepeda Untuk Jaga Endurance Selama PPKM

Rekomendasi Jalur Bersepeda Untuk Jaga Endurance Selama PPKM

Home » Stories » Rekomendasi Jalur Bersepeda Untuk Jaga Endurance Selama PPKM
Boyo Maladi | 24 August 2021

Pemerintah beberapa kali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4 sebagai upaya menekan lonjakan Covid-19 di daerah-daerah.

Ini artinya, atlet, pembalap, penggemar, atau komunitas berbagai cabang olahraga dan hobi harus terus membatasi mobilitas dan ‘puasa event’ selama pandemi. 

Fasya Ahsana Rifki, atlet BMX Racing yang tergabung dalam 76Rider BMX Squad pun coba menyiasati kondisi sulit dengan berbagi tempat-tempat yang asyik untuk bersepeda santai di sore hari, untuk latihan endurance sekaligus jaga imun agar tak mudah terpapar Covid-19.

“Ya, sambil refreshing biar enggak bosan di rumah, kita bisa bersepeda ke tempat-tempat yang memiliki pemandangan alam indah,” tutur Fasya.

Bagi atlet BMX Racing berjuluk Young Gun, kegiatan bersepeda juga merupakan latihan fisik.

“Kebetulan saya tinggal di Temanggung, Jawa Tengah. Di sana ada jalur Parakan – Ngadirejo yang terletak di lereng Gunung Sindoro-Sumbing yang enak untuk bersepeda sore hari sambil menikmati sunset,” tutur cowok kelahiran 27 Juli 2000.

Ditambahkannya, karena berada di daerah dataran tinggi pegunungan, selain sunset, kita juga bisa menikmati pemandangan alam seperti sawah, perkebunan tembakau, jagung, dan kacang.

Fasya memilih jalur tersebut bukan hanya untuk gowes santai saja. Tapi juga latihan fisik. 

“Jalurnya memang menguji stamina karena penuh tanjakan beraspal, ada jalur berkelok tapi enggak banyak, sehingga ideal untuk latihan endurance,” sergah Fasya yang beberapa kali merajai International Championship C1 dan GCC BMX Championship 2018 dan menjadi juara pertama BMX Korean Open di Incheon, Korea Selatan (2017).

Jarak yang harus ditempuh lumayan jauh. Parakan - Ngadirejo berjarak 7 Km yang bisa ditempuh dalam waktu 10 menit, atau 15 menit dengan santai.

Sementara jarak dari rumah Fasya di Temanggung ke Parakan sejauh 9 km. 

“Dari Temanggung ke Parakan, saya butuh waktu 15 menit. Jalurnya jalan raya menanjak tapi landai, sehingga cocok buat endurance juga,” papar Fasya. 

Kalau dihitung totalnya, trek jalur latihan endurance Fasya berjarak 16 Km. 

“Tapi enggak terasa lelah karena ya tadi, diselingi sunset dan pemandangan alam lereng Gunung Sundoro,” ujar Fasya yang biasanya bareng sama teman-teman komunitas Temanggung BMX Academy.

Sebagai penutup menu endurance Fasya, biasanya setelah tiba di tempat pemberhentian, mereka menikmati hangatnya kopi diiringi sejuknya udara di wilayah pegunungan. 



MORE STORIES