Rifqi Berlatih Di Trek XC Untuk Hadapi Padatnya Kompetisi Di Agustus 2023

Rifqi Berlatih Di Trek XC Untuk Hadapi Padatnya Kompetisi Di Agustus 2023

Home » Stories » Rifqi Berlatih Di Trek XC Untuk Hadapi Padatnya Kompetisi Di Agustus 2023
Boyo Maladi | 14 July 2023

Muhamad Meireza Rifqi, atlet downhill asal Jepara yang tergabung dalam 76Rider downhill squad, saat ini sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi event yang sangat padat di Agustus 2023 mendatang.

Diawali dengan Porprov Jawa Tengah pada 5-11 Agustus 2023, yang kemudian dilanjut dengan Banyuwangi Ijen Geopark Downhill yang akan digelar 11-13 Agustus 2023 dan masuk dalam kalender Organisasi Balap Sepeda Internasional atau Union Cycliste Internationale (UCI) serta memperebutkan poin C1.

Disusul kemudian Indonesian National Championships (INC) yang akan digelar 25-29 Agustus 2023 di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

“Saya harus mempersiapkan diri lebih konsisten dengan latihan fisik, endurance, gym, juga latihan di track,” buka Rifqi, yang biasanya latihan dengan rider senior JKR SQUAD, seperti Jambol, Mukhib, dan Andy Yoga. 

Untuk melengkapi menu latihannya, Rifqi juga berlatih di track XC (Cross Country) Somosari, Jepara yang sangat beda dengan downhill. 

“Saya juga menggunakan sepeda XC melewati trek menanjak dan menurun, dengan obstacle zig-zag, dan dilakukan bolak-balik beberapa lap,” kata Rifqi.

Soal sepeda XC yang ia gunakan, Rifqi mengatakan, sepeda tipe seperti ini khusus dirancang untuk menghadapi tanjakan dan turunan, dataran serta tikungan tajam. Jadi berbeda dengan sepeda downhill yang dirancang hanya untuk medan turunan. 

Terakhir, Rifki mengatakan tujuan yang ingin diraih adalah selain menambah pengalaman bagaimana bermain di track XC, juga untuk melatih fisik. 



MORE STORIES