Rifqi Mampu Tunjukkan Potensi Di Debut Downhill-nya

Rifqi Mampu Tunjukkan Potensi Di Debut Downhill-nya

Home » Stories » Rifqi Mampu Tunjukkan Potensi Di Debut Downhill-nya
Boyo Maladi | 23 January 2023

Muhamad Meireza Rifqi atau lebih dikenal dengan nama Rifqi akhirnya mampu menunjukkan potensinya di tahun pertama debutnya di ajang downhill pada 2022, setelah sebelumnya matang di arena BMX yang digelutinya sejak 2014 lalu.

Remaja berusia 16 tahun asal Jepara yang masuk di jajaran atlet 76Rider DH Squad, tempat dia bernaung saat ini berhasil menempati posisi kedua kejuaraan bergengsi Final 76 Indonesian Downhill yang digelar di Ternadi Bike Park, Kudus pada 10-11 Desember 2022.

“Saya senang bisa berkompetisi di 76 Indonesian Downhill di Ternadi, Kudus. Alhamdulillah saya mendapatkan posisi ke-2 di kelas Men Youth,” buka Rifqi.

Terkait jalannya lomba, Rifqi mengatakan, dia sempat berjalan meninggalkan hot seat, kemudian berhasil membuat catatan waktu 3 detik lebih cepat dari rivalnya.

Intermediate time saya 1 menit 39 detik,” infonya. 

Rifqi juga menambahkan, secara overall catatan waktunya hanya selisih 1 detik dari rider peraih podium pertama, yakni Pandu Perkasa dari Malang.

“Saya sudah tampil baik mencatatkan waktu 3 menit, 32 detik. Sementara Pandu yang dapat posisi ke-1 finish dalam 3 menit, 31 detik. Selisih satu detik saja dengan saya,” jelasnya.

Tak hanya itu saja. Rifqi yang berkompetisi di kategori Men Youth, sebelumnya juga berhasil naik podium ketiga di kejuaraan bergengsi Go Nyawiji Teras Festival 2022 yang dilaksanakan di Gravity Park Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri pada awal bulan Desember 2022 lalu, tepatnya pada 3-4 Desember.

“Saya mendapatkan posisi ke-3 pada Go Nyawiji Teras Festival 2022, dan ini adalah untuk pertama kalinya saya naik podium di event downhill bergengsi 2022,” puasnya.

Ia menambahkan, 2022 adalah proses bagi dirinya untuk beradaptasi dengan obstacle alam downhill yang jauh berbeda dari BMX dengan trek buatan.

“Harus benar-benar jeli dalam mencari jalan yang benar. Harus bisa menghafal lintasan,” ujar Rifqi saat ditanya perbedaan antara BMX dan downhill.

Untuk itu, Rifqi akan terus memperbanyak latihan dan mengikuti kompetisi downhill yang digelar, terutama 76IDH



MORE STORIES