Rio Akbar Andalkan Kecepatan Recovery Jelang PORDA Dan 76 BMX C1 International

Rio Akbar Andalkan Kecepatan Recovery Jelang PORDA Dan 76 BMX C1 International

Home » Stories » Rio Akbar Andalkan Kecepatan Recovery Jelang PORDA Dan 76 BMX C1 International
Boyo Maladi | 12 October 2022

Jauh-jauh hari sebelum digelarnya PORDA (Pekan Olahraga Daerah) Jawa Barat 2022, dan kejuaraan 76 BMX C1 International di Banyuwangi, Rio Akbar banyak melakukan latihan sesi pagi dan sore di sirkuit BMX Pulomas, Jakarta.

Menurut Rio, tantangan dua event itu adalah jadwalnya yang berdekatan.

 “Kalau yang PORDA (Pekan Olahraga Daerah) itu digelar di Ciamis pada Rabu, 9 November 2022. Sementara 76 BMX C1 International diadakan di Banyuwangi pada 12-13 November 2022. Itu artinya, habis balapan di PORDA, besoknya Kamis, 10 November saya sudah harus berangkat ke Banyuwangi naik pesawat, supaya besoknya, Jumat, 11 November bisa ikut latihan resmi,” kata Rio yang bernaung di bawah 76Rider BMX Squad dan akan mewakili Kabupaten Sumedang pada PORDA Jabar tersebut. 

Itulah kenapa Rio mengandalkan persiapan fisik yang matang selain memantapkan skill

“Juga strategi recovery yang cepat dan tepat,” ujar Rio yang akan turun di kelas Men Elite pada semua kompetisi yang akan dihadapinya.

Menariknya strategi recovery yang dipakai Rio ini bisa pula diterapkan bagi rider lain. Seperti apa? Yuk kita simak tipsnya.

Menurut Rio ada beberapa pilihan opsi recovery yang bisa diambil setelah balapan.

Pertama adalah massage.

 “Yang harus diingat, jangan terlalu kuat ngurutnya, supaya justru nggak terlalu lemas ke badan waktu aktivitas nanti,” pesan Rio yang menyarankan massage dilakukan dalam 1-2 jam.

Berikutnya adalah shaking, yakni teknik pijat dengan cara menggoyang sekelompok otot secara cepat dan akurat dari kanan ke kiri, dan dari bawah ke atas, dan atau sebaliknya.

Shaking dilakukan pada semua bagian otot selama 15-20 detik tiap bagian,” kata Rio.

Selain itu bisa juga melakukan ice bathing atau berendam air es.

“Bisa dilakukan 5-10 menit. Kalau campur massage cukup 3 menit saja,” ujar Rio sambil berpesan agar jangan terlalu lama berendam es supaya tidak mengalami hipotermia atau penurunan suhu tubuh secara drastis hingga di bawah 35 derajat celcius yang bisa berakibat gagal fungsi pada jantung dan organ vital lainnya.

Recovery alternatif lain adalah dengan melakukan stretching atau peregangan, seperti cooling down saat senam, yang dilakukan bersama dengan foam roller massage.

Untuk keperluan ini digunakan alat pijat berbahan busa yang biasanya digunakan untuk memijat. Alat ini memiliki banyak variasi bentuk dan tekstur, namun bentuk yang paling sering dijumpai adalah silinder.

“Untuk tiap satu gerakan bisa dilakukan selama 1 menit,” kata Rio.

Berikutnya yang tak kalah penting adalah asupan nutrisi terutama yang mengandung protein, dan BCAA yang dibutuhkan untuk perbaikan sel-sel bagian otot yang rusak. BCAA adalah singkatan dari branched-chain amino acids, yang terdiri atas tiga asam amino esensial: leusin, isoleusin, dan valin. Fungsinya meningkatkan pertumbuhan otot, mengurangi rasa nyeri otot, mengurangi rasa letih saat berlatih, mempercepat pemulihan otot saat proses pembentukan. 

“Tak kalah pentingnya adalah istirahat yang cukup, terutama jangan tidur terlalu malam karena tidur sendiri adalah bagian dari recovery,” pungkas Rio.



MORE STORIES