Rio Akbar Kembali Ke Jakarta Untuk Fokus Latihan Hadapi 2 Event Besar Pada Juli 2023 Ini

Rio Akbar Kembali Ke Jakarta Untuk Fokus Latihan Hadapi 2 Event Besar Pada Juli 2023 Ini

Home » Stories » Rio Akbar Kembali Ke Jakarta Untuk Fokus Latihan Hadapi 2 Event Besar Pada Juli 2023 Ini
Boyo Maladi | 07 July 2023

Jika selama ini Rio Akbar mengikuti pemusatan latihan di trek Muncar, Banyuwangi sebagai persiapan mengejar tiket ke Olimpiade 2024 di Paris, pada pertengahan Juni 2023 lalu, Rio memutuskan untuk fokus berlatih di trek Pulomas, Jakarta.

Hal ini dimaksudkan sebagai persiapan khusus menghadapi 2 event besar di bulan Juli 2023. Pertama adalah Asian BMX Championship di Filipina (16 Juli 2023) dan BMX Indonesia Cup round 3, Jakarta (23 Juli 2023).

Pertimbangan Rio untuk fokus latihan di trek Pulomas, Jakarta adalah untuk menyesuaikan dengan karakter trek di Filipina. 

Trek Pulomas Jakarta lebih ideal untuk melatih dan meningkatkan power dan endurance. Selain butuh banyak pedaling, trek Pulomas ini lumayan teknikal menurut Rio, atlet nasional BMX asal Bandung yang tergabung dalam 76Rider BMX Squad.

Nah karakter trek seperti ini hampir sama dengan trek yang akan dipakai balapan di Filipina, di mana karakternya lebih teknikal, terutama di bagian rhythm section.

“Terus second straight (trek lurus kedua) lumayan butuh high speed juga dengan obstacle jumping yang nggak terlalu tinggi, tapi teknikal,” lanjut Rio.

Dari sinilah, Rio merasa trek Pulomas, Jakarta lebih ideal sebagai tempatnya berlatih mempersiapkan diri.

Apalagi target Rio adalah juara pertama di semua event ini, dan itu sudah melalui perhitungan matang.

Sebelumnya pada SEA Games 2019 di Filipina, Rio menempati posisi ke-4 di trek yang sama.

“Dari sini saya bertekad untuk bisa memperebutkan podium pertama,” pungkas Rio yang sengaja pasang target tinggi, sebagai upayanya curi poin agar bisa tampil di Olimpiade 2024 Paris. 



MORE STORIES