Sejarah Carlsbad Raceway, Sirkuit Legendaris Supermoto

Sejarah Carlsbad Raceway, Sirkuit Legendaris Supermoto

Home » Stories » Sejarah Carlsbad Raceway, Sirkuit Legendaris Supermoto
Boyo Maladi | 15 June 2024

Carlsbad Raceway adalah sirkuit legendaris supermoto, dan juga cabang olahraga balap yang lain di Amerika Serikat.

Sirkuit balap bersejarah ini terletak di Carlsbad, California, dan dibuka pertama kali tahun 1964. Saat itu, Carlsbad Raceway hanya memiliki trek untuk drag race sepanjang 402 meter, dan motocross.

Di Carlsbad Raceway ini jugalah pertama kali digelar event Superbikers pada tahun 1979 yang merupakan cikal bakal dari balap Supermoto seperti yang kita kenal sekarang ini.

Sebutan “Superbikers” ini ditujukan kepada pembalap bernyali gila yang ikut dalam kompetisi extreme sports ini saat itu.

Dan saat itu pula muncul sebutan "Supermoto" untuk motor-motor yang dianggap memiliki kemampuan super karena harus mampu menghadapi medan menantang.

Mulai trek aspal yang bisa dilibas dengan kecepatan tinggi, sederet jumpingan motocross, hingga tikungan lebar ala balap flat track.

Semua sejarah di Carlsbad Raceway ini berawal ketika pensiunan pilot militer, Larry Grismer menemukan lahan berupa tanah kosong pada tahun 1961.

Ia tak pernah menyangka lahan kosong ini akan berubah menjadi Carlsbad Raceway dan akan membawa pengaruh besar terhadap perkembangan olahraga balap beberapa dekade kemudian.

Bersama dengan Sandy Belond, Larry Grismer kemudian membangun drag strip atau jalur untuk drag race pada tahun 1964, dan menggelar balap yang diikuti nama-nama pembalap besar seperti “Big Daddy” Don Garlits, Don “The Snake” Prudhomme, Tom “The Mongoose” McEwen, dan bahkan Evel Knievel.

Bersama dengan ribuan pembalap lokal, dan tentu saja para fans, mereka menikmati trek high speed Carlsbad Raceway.   

Balap motor mulai masuk ke Carlsbad Raceway tahun 1968, ketika promotor balap motocross setempat, Stu Peters dan Kelvin Franks menemui Larry dan menyampaikan gagasan untuk mendesain sirkuit motocross gaya Eropa pada bagian lahan yang masih kosong di kompleks Carlsbad Raceway. 

Begitu sirkuit motocross yang menantang ini selesai dibangun dan digunakan untuk menggelar event balap lokal, jurnalis otomotif asal Inggris bernama Gavin Trippe dan Bruce Cox membawa event World Motocross Grand Prix ke Carlsbad Raceway.

Berikutnya juga digelar balap motocross United States 500cc Grand Prix (USGP) di Carlsbad Raceway tahun 1973, yang memperebutkan poin FIM (Federation Internationale de Motocyclisme). 

Nama Carlsbad Raceway semakin berkibar ketika program Wide World of Sports (WWOS) yang disiarkan oleh stasiun televisi ABC meliput event yang digelar disana dan mendapatkan rating tertinggi.

Maka hampir setiap tahun, berbagai event balap digelar di Carlsbad Raceway. Mulai dari motorcycle road racing, sports car racing (1972), dan bahkan juga digelar kejuaraan skateboard (1976).

Sebagai catatan, skateboard parks di Carlsbad Raceway ini adalah yang pertama di Amerika Serikat! 

Selanjutnya WWOS TV juga menyiarkan event Superbikers tahun 1979, yang kemudian menjadi cikal bakal dari balap Supermoto yang kita kenal saat ini.

Sayang sekali, hingar bingar suara mesin balap di Carlsbad Raceway ini harus berakhir. Karena harga tanah di North San Diego County terus naik dan kebutuhan pembangunan real estate terus meningkat, maka properti Carlsbad Raceway terpaksa harus dijual. 

Balap terakhir yang digelar di Carlsbad Raceway sebelum ditutup tahun 2006 adalah drag race pada Agustus tahun 2004. 



MORE STORIES