Toolkit Handy Yang Serbaguna Ini Wajib Dibawa Ketika Trabasan

Toolkit Handy Yang Serbaguna Ini Wajib Dibawa Ketika Trabasan

Home » Stories » Toolkit Handy Yang Serbaguna Ini Wajib Dibawa Ketika Trabasan
Boyo Maladi | 08 August 2021

Kegiatan adventure atau trabasan semakin diminati para pecinta motor. Namun demikian, Agha Riansyah memperingatkan para pemula untuk membuat persiapan yang baik sebelum beraktivitas trabasan.

“Sebab meskipun tampak menyenangkan, kegiatan trabasan ini berisiko juga lho. Ya, namanya dekat dengan alam, pasti ada hal-hal tak terduga yang enggak diinginkan. Karena itu, kita harus mempersiapkan diri,” jelas Agha, crosser nasional yang tergabung dalam 76Rider MX Squad dan kini gemar melakukan aktivitas trabasan.
Pertama tentu menyiapkan riding gear standar, seperti sepatu menutup mata kaki, helm, goggle, glove, dan body protector. Setelah itu pastikan bawa perbekalan. 

“Yang harus diingat, ketika berada di tengah alam, semuanya bersifat self-service. Kita harus melayani diri kita sendiri. Karena itu perkirakan, apa saja yang dibutuhkan,” pesan Agha. 

Dari mulai membawa snack, air minum, hp, uang saku, juga perlengkapan lain seperti jas hujan, dan bahkan part motor yang paling rawan bermasalah, seperti kabel kopling, kabel gas, busi, tuas kopling dan tuas rem, sambungan rantai dan lain-lain.

“Setelah itu jangan lupa toolkit. Sebisa mungkin pilih yang handy atau mudah dibawa dan serba guna, misal ada tuh semacam kunci ring atau kunci pas, tapi bisa sesuaikan dengan segala ukuran baut. Terus ada juga pompa mini atau portable. Jangan lupa juga kompas atau peta supaya tetap tahu arah ketika GPS atau HP enggak dapat sinyal. Terus jangan lupa kunci busi, tang, dan obeng,” rinci Agha.

Dari pengalaman Agha trabasan, hampir semua peralatan tersebut pernah terpakai. Dan asyiknya, sekarang toolkit serbaguna sudah banyak dijual di toko daring.

“Saya pernah lihat ada sekarang yang jual pompa mini yang bisa digunakan pakai power bank. Jadi bisa langsung mompa sendiri dan baterainya bisa di charge,” tutup Agha. (BM)



MORE STORIES