Video M. Zulmi Viral Di TikTok: Apa Itu Rem?

Video M. Zulmi Viral Di TikTok: Apa Itu Rem?

Home » Stories » Video M. Zulmi Viral Di TikTok: Apa Itu Rem?
Boyo Maladi | 24 May 2022

Video yang diunggah M. Zulmi, atlet nasional motocross yang tergabung dalam 76Rider MX Squad viral di TikTok setelah dalam 6 hari disaksikan 9,7 juta orang, dan mendapat 952.000 Likes saat artikel ini dibuat. 

Padahal video yang diunggah tersebut diambil saat event Jabar Open Motocross Championship 2020 yang digelar 24-25 Oktober di sirkuit Subang, Jawa Barat. 

“Iseng aja sih upload video-video lama setelah ketemu back sound (musik latar) yang pas. Eh ndilalah dalam dua jam sudah ditonton 2 jutaan orang di Tiktok,” ngakak Zulmi.

Memang dalam video tersebut, Zulmi tampak menunjukkan teknik melahap berem pada tikungan dengan kecepatan tinggi dan kemiringan ekstrem.

Diakuinya, ia berani gaspol di tikungan pertama selepas table top karena ada berem mulus yang panjang, lebar dan tinggi, dengan sudut cukup miring.

“Karakter berem seperti ini memungkinkan dilibas dengan kecepatan tinggi. Jadi tinggal punya nyali atau enggak aja,” senyum Zulmi yang sebagai freestyler juga dikenal dengan julukan The Crazy Boy karena kemampuannya melompati handicap double-stepping di ajang Trial Game Dirt yang 10 tahun sebelumnya mustahil dilakukan pembalap lain.

Hal itu dibuktikannya selepas jumping melewati table top, Zulmi langsung melibas berem dengan kecepatan tinggi tanpa tarik rem sedikit pun.

Ia pun menuliskan caption, “Apa itu rem???” pada video yang diunggahnya di TikTok dan viral tersebut. Sementara pada akun Instagram-nya, Zulmi pun mengunggah video yang sama, namun dengan caption berbeda, "Don't like to hit the brakes too much!" 

Lebih lanjut Zulmi menjelaskan, video tersebut diambil saat QTT atau kualifikasi pada Sabtu, 24 Oktober 2020 siang. 

Zulmi mengaku, sejak latihan hari Sabtu pagi, dia melihat karakter berem ini sangat menguntungkan baginya untuk menyodok ke depan. 

“Sebab saat latihan itu saya amati, pembalap kebanyakan mengambil jalur bagian dalam berupa trek lurus. Saya melihat, sebenarnya justru lebih cepat ambil jalur dari luar dengan memanfaatkan berem yang tinggi tersebut. Syaratnya harus berani gaspol,” tukasnya.

Dari sini, Zulmi pun ancang-ancang dengan strategi begitu mendarat usai jumping, dan langsung melebar keluar ke arah berem sambil buka gas dalam-dalam mengikuti kemiringan berem.

Ketika balap hari Minggu, Zulmi yang start dari posisi tengah pun menerapkan strategi ini. Hasilnya, selepas start dia langsung bisa melewati beberapa pembalap, dan akhirnya finish ke-2 di kelas Sport Trail 4-Tak Open, menggunakan Honda CRF 250L besutannya. 

Bravo!!! (BM)



MORE STORIES