Wendy Purnama Ajak Pemain Veteran BMX Freestyle Kembali Beraksi Di BMX Kontest Kustomfest 2022

Wendy Purnama Ajak Pemain Veteran BMX Freestyle Kembali Beraksi Di BMX Kontest Kustomfest 2022

Home » Stories » Wendy Purnama Ajak Pemain Veteran BMX Freestyle Kembali Beraksi Di BMX Kontest Kustomfest 2022
Boyo Maladi | 08 October 2022

Pada gelaran Kustomfest 2022 pada 1-2 Oktober di JEC Hall Jogjakarta, turut digelar pula BMX Kontest. Wendy Purnama Putra, pemain BMX freestyler yang tergabung dalam 76Rider BMX Freestyle ditunjuk sebagai kordinator.

“Keterlibatan saya di Kustomfest ini bukanlah yang pertama kalinya. Seperti di tahun-tahun sebelumnya, saya juga ditunjuk sebagai kordinator di event ini. Namun sempat vakum beberapa tahun selama pandemi COVID-19, dan syukurlah sekarang sudah kembali digelar offline,” buka Wendy.

Kali ini yang menarik pada BMX Kontest di Kustomfest 2022 yang mewadahi pecinta dan pelaku freestyler ini adalah turut digelarnya Airbag Session.

“Kami menggunakan properti 76Rider berupa airbag yang sudah lama menganggur sejak terakhir dipakai di Janti Airbag. Setelah mendapat izin, airbag itu diperbaiki dulu untuk kemudian kami bawa ke BMX Kontest di Kustomfest 2022 ini,” lanjut Wendy.

Lebih lanjut Wendy menjelaskan, pihaknya juga menyiapkan obstacle baru berupa starting gate dengan lebar 2,40 meter dan tinggi 6 meter.

 “Starting gate itu sengaja kami desain sangat tinggi dengan tujuan agar pemain bisa mendapat speed yang mencukupi untuk menuju airbag,” jelas Wendy.

Dengan kata lain, starting gate ini juga dimaksudkan untuk alasan safety selain bisa digunakan untuk membantu freestyler melakukan lompatan yang dibutuhkan untuk perform.

Seperti pada kategori Long Jump

Starting gate ini sangat membantu freestyler dalam melakukan lompatan terjauh,” kata Wendy sambil menambahkan kategori ini adalah yang paling seru dan menghibur.

Juga kategori Veteran 30 Up yang mewadahi pemain freestyle berusia di atas 30 tahun.

 “Bisa dibilang ajang ini juga merupakan reunian pemain BMX freestyle, dan merupakan kategori yang baru kali ini kami buka,” senyum Wendy.

Dan peminatnya ternyata memang luar biasa, terutama dari daerah Bandung dan Jakarta. Itu karena pada kejuaraan BMX biasanya kelas yang dibuka adalah Open, Junior, dan Under 17. Jarang ada kompetisi BMX yang membuka untuk pemain veteran.

“Karena itu banyak pemain atau penggemar BMX freestyle yang pindah main motor atau mobil setelah merasa tidak muda lagi. Nah kali ini kita coba rangkul mereka kembali untuk bermain di Airbag Session yang tentu sangat aman buat mereka,” jelas Wendy.

Kategori lain yang dibuka di BMX Kontest di Kustomfest 2022 adalah Street Open, Flatland Open, dan Best Trick.

Digelar selama 2 hari, BMX Kontest di Kustomfest 2022 tidak dipungut biaya pendaftaran. 

“Peserta cukup membayar tiket masuk ke Kustomfest 2022 sebesar Rp100 ribu. Kami menyediakan hadiah berupa cash money, trophy, dan produk,” pungkas Wendy. 



MORE STORIES