Wendy Purnama Dorong Generasi Muda Kembangkan Skill BMX Freestyle

Wendy Purnama Dorong Generasi Muda Kembangkan Skill BMX Freestyle

Home » Stories » Wendy Purnama Dorong Generasi Muda Kembangkan Skill BMX Freestyle
Boyo Maladi | 13 April 2021

Wendy Purnama Putra si BMX Freestyler ternama yang saat ini tergabung dalam 76Rider BMX Squad bertekad untuk terus mendorong berkembangnya BMX Freestyle  di tengah keterbatasan fasilitas yang ada. Tekadnya berbuah simpati dan dukungan dari teman-teman sesama penggiat.

Dengan kekompakan, mereka terus berupaya menciptakan tempat berlatih sendiri. Seperti yang pernah dilakukan Oktober 2019 - Oktober 2020 lalu, saat mendirikan  Janti Airbag. Sebuah arena latihan BMX Freestyle yang berlokasi di sebelah barat Jembatan Janti, Yogyakarta.

Meskipun Janti Airbag ini terpaksa dibongkar karena lahannya akan dipakai untuk proyek lain, namun semangat untuk terus mendorong perkembangan BMX Freestyle tak pernah padam. Salah satunya adalah dengan aktif membuat konten-konten untuk media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Youtube.

“Sebenarnya apa yang saya lakukan ini hanya sekedar menunjukkan eksistensi saya dalam dunia yang saya cintai ini, yaitu BMX Freestyle,” menjawab pertanyaan 76Rider, terkait sepak terjangnya selama ini.

Dan ternyata, perjuangan yang dilakukan Wendy mendapat perhatian dari anak muda.

“Mungkin karena sering liat video yang saya buat mereka jadi terinspirasi dan akhirnya tertarik untuk ikut latihan. Selanjutnya mengembangkan trik freestyle mereka sendiri,” jelas Wendy yang sekali lagi menekankan dirinya tak pernah dengan sengaja mendorong apalagi memotivasi anak-anak muda untuk menekuni BMX Freestyle.

 “Sebab ini soal hobi dan kesukaan yang tidak bisa dipaksakan. Apalagi dengan status BMX Freestyle yang masuk ke dalam kategori olahraga ekstrem dan berhubungan erat dengan lifestyle. Beda dengan BMX Race, atau MTB, Downhill dan disiplin lain yang semuanya lebih terprogram dan jelas jenjang kariernya,” imbuh Wendy.

Namun demikian, Wendy mengaku seringkali dihubungi anak-anak muda yang bertanya jadwal dan lokasi latihan bersama hingga berbagi kontak untuk sekedar janjian untuk latihan.  

“Bahkan kita sekarang sudah ada WA grup sebagai sarana silaturahmi dan komunikasi,” senyum Wendy.

Dari latihan bersama yang dijalankan Wendy, banyak peserta yang datang dan pergi. Tapi banyak juga yang akhirnya konsisten hingga kemudian rutin latihan bersama. Dari sini kemudian mereka merakit sepeda sendiri dan latihan mengembangkan trik.

“Di Jogja ini juga banyak teman seangkatan atau senior lain yang juga punya pengikut sendiri-sendiri. Bisa saja anak-anak muda ini ingin mencoba latihan ke mana-mana untuk memperdalam skill mereka. Apalagi tempat tinggal mereka kan tersebar kemana-mana. Ada yang jauh, ada yang dekat dari tempat latihan. Jadi ya memang nggak harus rutin latihan bareng terus,” tutup Wendy yang selalu welcome untuk sharing trik-trik freestyle terbaru melalui akun dan channel medsos miliknya, yaitu IG: @wendypurnamma, Youtube: wendy purnama, dan Facebook: wendy purnama putra.  (BM)



MORE STORIES