Wendy Purnama Putra Lakukan Trabasan Untuk Eksplorasi Jalur Kali Oyo Bagian Atas

Wendy Purnama Putra Lakukan Trabasan Untuk Eksplorasi Jalur Kali Oyo Bagian Atas

Home » Stories » Wendy Purnama Putra Lakukan Trabasan Untuk Eksplorasi Jalur Kali Oyo Bagian Atas
| 17 July 2023

Di sela kesibukannya melatih skill dan merancang bangun sepeda dan motor custom di bengkel miliknya, Wendy Purnama Putra yang tergabung dalam 76Rider BMX Freestyle ini meluangkan waktu khusus untuk kegiatan rutinnya, melakukan trail adventure tiap hari Sabtu. Selain untuk refreshing, trail adventure ini juga banyak manfaatnya untuk melatih skill. Mulai menjaga refleks, keseimbangan, stamina hingga mental. 

Di luar itu, rupanya masih ada hal lain yang juga menjadi tujuan Wendy dalam menekuni trail adventure ini.

“Kami juga ingin melakukan eksplorasi tempat-tempat bagus yang belum terjamah, terutama di kawasan Bantul,” tutur Wendy.

Seperti pada Sabtu, 24 Juni 2023 lalu, Wendy dan kelima rekannya trabasan menyusuri jalur Kali Oyo bagian atas yang belum terekspos, setelah sebelumnya jelajah lereng Gunung Merapi Barat yang cukup teknikal medan berbatunya. 

Sehingga kali ini mereka ingin bersantai mencari spot yang memiliki keindahan view-nya di Kali Oyo.

“Kalau spot yang ada di kawasan Sri Harjo sudah banyak dikunjungi dan dikelola masyarakat sekitar. Akses masuk ke lokasi juga sudah bagus. Tapi untuk spot menyusuri jalur sungai bagian atas ini yang belum terekspos,” ungkap Wendy.

Sebagai informasi, Kali Oyo ini juga dikenal sebagai Grand Canyon Jogja, terutama ketika musim kemarau. Sebab warna airnya yang jernih tampak hijau di sepanjang aliran Merapi ini.

Untuk menuju ke sana, Wendy dan rekannya harus melalui jalur off-road yang masih berupa tanah bebatuan. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi mereka untuk mengeksplor lokasi menggunakan motor trail.

“Pemilihan jalur mana yang dalam atau nggak harus dilakukan secara jeli supaya nggak terperosok. Selain itu, hati-hati dengan batu berlumut yang sangat licin,” wanti Wendy. 

Ia menambahkan spot yang ia temukan kemarin memiliki potensi keindahan alam sungai yang bisa dipakai untuk camping. Alamnya benar-benar masih asri. Karena memang jauh dari pemukiman penduduk. Wendy mengatakan, setelah berjalan sekitar 2 km baru ada pemukiman penduduk. 

“Spot di sini paling banyak dikunjungi orang yang cari rumput untuk pakan ternak. Jadi benar-benar terisolir dan nggak ada akses jalan,” pungkas Wendy sambil berendam di tengah aliran sungai. 



MORE STORIES