5 Komponen Yang Rentan Masalah Pada Sepeda Downhill

5 Komponen Yang Rentan Masalah Pada Sepeda Downhill

Home » Stories » 5 Komponen Yang Rentan Masalah Pada Sepeda Downhill
Boyo Maladi | 20 October 2021

Agar terhindar dari kerusakan dan selalu terjaga kondisinya untuk siap dipakai setiap saat, sepeda downhill harus selalu dirawat setelah dipakai.

Hal inilah yang selalu dilakukan Khoiful Mukhib, atlet nasional asal Jepara yang tergabung dalam 76Rider DH Squad.

“Setiap habis dipakai, sebaiknya sepeda dicuci bersih, sambil memeriksa komponennya. Ini sekaligus untuk mendeteksi terjadinya kerusakan,” kata Mukhib.

Lebih lanjut Mukhib mengungkapkan beberapa komponen yang rentan rusak sehingga perlu dilakukan perawatan dengan baik.

Rantai

Debu dan kotoran rawan menempel pada rantai. 

“Rantai yang bersih sangat berpengaruh saat pedaling, karena akan terasa ringan saat dikayuh,” kata atlet juara pertama Asian Games 2018 dan peringkat ke-6 Asian Cycling Confederation (ACC) Manila – Philippines di tahun yang sama.

Cara membersihkannya dengan dicuci sabun atau cairan khusus, setelah itu disikat, dan dibersihkan dengan menggunakan kain lap kering. 

“Setelah itu baru diberi chainlube,” tukas Mukhib.

Bearing

Bagian ini sering kemasukan debu atau air yang menerobos masuk. Teruatama di bagian bearing roda, dan bottom bracket (BB).

“Cara membersihkan memang harus dibongkar, dengan membuka penutup laher terlebih dahulu, kemudian dicuci pakai bensin, baru setelah itu dikasih gemuk,” kata Mukhib.

Suspensi depan-belakang

Debu yang menempel pada inner leg atau stanchion fork depan maupun rear shock breaker bisa membuat baret dan merusak seal karena ikut bergerak naik-turun.

“Karena itu harus sering-sering dilap bersih terus diberi cairan khusus buat fork, yang tujuannya agar selalu licin sehingga tidak merusak seal,” kata Mukhib.

Selain itu saat mencuci sebaiknya selalu mengontrol apakah ada bekas oli yang keluar dari fork atau rear shock breaker.

“Kalau ada bekas oli harus segera diperiksa kerusakannya, supaya bisa segera diperbaiki atau diganti,” kata Mukhib. 

Rear Derailleurs (RD)

 Bagian ini selain rawan rusak karena debu atau kotoran, juga sering karena benturan. Padahal ada banyak komponen. Jadi bagian ini harus sering-sering dipantau. Diperiksa cara kerjanya dan apakah masih baik pengoperasiannya.

“Untuk perawatan bisa dibersihkan dengan air sabun, terutama di sela-sela roda pulley yang gampang rusak jika terkena debu atau kotoran yang menempel di rantai, sehingga gampang aus,” tunjuk Mukhib.

Selain itu, untuk bagian bearing per perlu dicuci dengan sabun dan diberi pelumas.

Brake Set

 Perangkat pengereman ini juga sangat penting dirawat karena fungsinya yang vital. 

“Banyak bekas debu yang menempel pada piringan atau disk sehingga kalau dibiarkan akan mudah mengikis disk brake tersebut,” pungkas Mukhib. (BM)



MORE STORIES