Gerry Salim Ungkap, Kenapa Fokus Latihan Di Sentul Karting Circuit

Gerry Salim Ungkap, Kenapa Fokus Latihan Di Sentul Karting Circuit

Home » Stories » Gerry Salim Ungkap, Kenapa Fokus Latihan Di Sentul Karting Circuit
Boyo Maladi | 26 February 2023

Putaran pertama Asia Superbike (ASB) 1000 Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 akan digelar 24-26 Maret mendatang di Thailand.

Untuk itu Gerry Salim, pembalap road race asal Surabaya yang turut berkompetisi di ajang tersebut di bawah Honda Asia Dream Racing with Showa sudah mulai intens latihan di sirkuit karting Sentul atau Sentul kecil.

Mmm... kenapa memilih Sentul kecil? Ditanya demikian Gerry pun menjelaskan pada 76Rider.

 “Tim lebih memilih Sentul kecil karena sirkuit ini memiliki lebih banyak tikungan dibanding Sentul besar,” buka Gerry.

Pembalap yang juga tergabung dalam 76Rider Supermoto Squad  menambahkan, hasil evaluasi tahun lalu di Asia Superbike (ASB) 1000 Asia Road Racing Championship (ARRC) 2022, Gerry masih punya kelemahan dalam hal agility atau kelincahan. Terutama saat banting motor di tikungan.

“Kelemahan dalam hal agility inilah yang harus diperbaiki,” sergah pembalap kelahiran Surabaya, 19 April 1997 ini. 

Saat latihan, Gerry menggunakan Honda CBR600. Jadi bisa dibayangkan, bagaimana beratnya banting dan angkat motor dengan bobot kira-kira 194 kg itu di tikungan sempit pada sirkuit yang lebih banyak dipakai untuk go-kart tersebut.

“Ya sama dengan latihan endurance. Karena satu lap enggak sampe 1 menit, atau kira-kira 0:55 detik saja, maka jumlah lap diperbanyak,” kata Gerry yang dijatah kira-kira 30 lap untuk satu sesi latihan.

Selain itu, Gerry juga fokus latihan fisik.

 “Menu latihan fisik lebih ke core training atau melatih endurance bagian tubuh sendiri, seperti dengan push up atau squat jump. Jadi tidak ke angkat beban,” lanjut Gerry.

Latihan core juga dapat diartikan sebagai gerakan inti atau latihan dasar. Penyebutan ini didapatkan dari macam-macam latihannya yang memiliki cakupan di seluruh tubuh, sehingga dapat melatih tiap bagian secara seimbang.

Terutama bagian tubuh seperti tangan dan kaki agar lebih kuat. 



MORE STORIES