Goweser Wajib Tahu Crankset Dan Fungsinya

Goweser Wajib Tahu Crankset Dan Fungsinya

Home » Stories » Goweser Wajib Tahu Crankset Dan Fungsinya
Boyo Maladi | 17 September 2021

Crankset adalah salah satu komponen terpenting di sepeda. Perangkat ini berfungsi mengkonversi daya yang dihasilkan saat seorang pengendara mengayuh sepeda, untuk kemudian disalurkan ke roda melalui rantai.

Untuk itu crankset mempunyai beberapa komponen yaitu pedal (crank), bottom bracket, dan chainring. Ketiganya memiliki fungsi dan peranan yang berbeda. 

Pedal, seperti yang sudah banyak diketahui, terpasang di kanan dan kiri. Terhubung dengan axle melalui bottom bracket. Pedal bisa terbuat dari berbagai macam bahan. Ada yang dari baja, aluminium, dan carbon fiber.

Komponen kedua adalah bottom bracket atau sering disingkat BB, yang bisa dibilang adalah 'mesin' dari crankset. Terbuat dari axle yang berputar di dalam beberapa rangkaian bearing.  Teknologi bottom bracket mengalami kemajuan pesat dalam beberapa tahun terakhir. 

Model cartridge kini mulai digantikan dengan external bottom bracket. Model ini menempatkan bearing yang besar di luar frame dan letaknya hampir di ujung axle, sehingga jadi lebih kokoh dan lebih ringan.

Terakhir ada chainring yang memungkinkan rantai untuk menggerakkan roda belakang. Interaksi yang mulus antara gerigi dan ruangan pada rantai memberikan pengalaman bersepeda yang nyaman. Biasanya, komponen yang satu ini terbuat dari aluminium alloy atau baja. Ukuran atau jumlah gerigi pada chainring bergantung pada jenis sepeda dan karakter rider tersebut.

Berikut beberapa merek dan model crankset terpopuler versi salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia, yakni Bukalapak yang kami kutip dari laman resmi review.bukalapak.com, sebagai acuan bagi sobat 76Rider.

Shimano M361 Hybrid

Shimano M361 Hybrid bisa jadi pilihan yang tepat dengan harga relatif terjangkau hanya Rp 600.000. Chainringnya bisa diganti-ganti. Kompatibel pula dengan sepeda mana pun dengan bottom bracket kotak. Memiliki berat 1,4 Kg.

Sugino XD600

Kualitas Sugino XD600 ini dapat diadu dengan produk mana pun di pasaran, dengan durabilitas dan ketahanan yang hebat. Model tiga ring kompatibel dengan mayoritas sistem 7 dan 8 speed. Plus, Sugino XD600 memiliki karakter gigi unik yang membuat peralihan gigi jadi semakin mulus. Perangkat crank ini bisa dibeli dengan harga Rp 2 jutaan. Berat 1,15 Kg.

SRAM S300 Courier

Pilihan tepat bagi yang menginginkan setup sederhana. Perangkat crank single-speed ini ringan, tetapi memiliki stiffness yang mantap. Membuat pengalaman mengayuh jadi lebih menyenangkan. Transfer kekuatan dari kaki ke rantai dan roda jadi lebih efisien. 

Selain itu, crankset ini mudah dipasang dan memiliki tampilan yang gagah. Dengan banderol Rp 2 jutaan, produk SRAM bisa dibeli via Amazon atau eBay (impor). Berat 1,35 Kg.

Origin8 XLT Road

Perangkat pedal dengan 10 mode kecepatan memiliki tampilan yang garang. Terbuat dari stainless steel, produk keluaran Origin8 datang dengan berbagai komponen. Membuatnya bisa dipasang pada berbagai jenis sepeda atau bottom bracket. Proses pemasangannya pun jadi tidak menyusahkan. Origin8 XLT Road hadir dalam tiga pilihan, yaitu 170, 172, dan 175 mm.

Shimano 6800 Ultegra

Produk Shimano yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Bukan hanya karena dia dibuat di Jepang. Namun juga karena kualitas materialnya. Dengan desain four arm, crankset ini memiliki stiffness yang stabil dan mantap. Membuat pengalaman mengayuh jadi lebih enak. Desain produk terinspirasi dari pendahulunya, Dura-Ace. Shimano 6800 Ultegra memberikan kualitas ala profesional dengan harga yang tidak terlalu mahal. Bisa dibeli dengan harga Rp 3 jutaan. Berat 1,25 Kg. 



MORE STORIES