Khoiful Mukhib, Dua Kali Juara Indonesian Downhill

Khoiful Mukhib, Dua Kali Juara Indonesian Downhill

Home » Stories » Khoiful Mukhib, Dua Kali Juara Indonesian Downhill
| 17 October 2018

Berlatih di dalam komplek sebelum kejuaraan Urban Night Race 76 yang berlangsung 28 Maret 2015 menjadi bukti keinginannya untuk menjadi juara bahkan mampu merebut juara umum Men Elite 2012 - 2014.
 
Khoiful Mukhib (76 Team) tidak langsung terjun ke dunia sepeda gunung, downhill. Mukhib kecil yang kala itu berusia 8 (delapan) tahun, awalnya melihat aksi BMX Supercross yang membuatnya tertarik dengan dunia sepeda. Tekadnya semakin menguat saat teman-temannya berhasil meraih piala dan menjadi motivasi untuk mengikuti berbagai kejuaraan BMX dikotanya demi mengejar impiannya, menerima piala di atas podium. Dukungan orang tua menjadi bekal Mukhib untuk menggeluti balap sepeda  tanpa meninggalkan dunia sekolah. Hasilnya, beragam penghargaan hingga piala telah menghiasi rumahnya. 
 
BMX dan Downhill
 

Pada 2009, Mukhib bertemu dengan Rudy Purnomo, Manager 76 Team saat berlangsungnya kejuaraan BMX di Jepara. Melihat kemampuan Mukhib, Rudy langsung menawarinya untuk bergabung dengan tim yang saat itu sedang ingin dibentuknya. Keinginannya untuk meraih juara, tidak mudah menyerah dan mau belajar, menjadi pertimbangan Rudy saat itu.
 
Akhirnya Mukhib bergabung dan langsung merebut juara umum untuk kelas Mens Sport versi UKDI tahun 2010. Berbekal kemenangan tersebut, Mukhib langsung naik ke kelas Men Elite untuk tahun selanjutnya. Persaingan yang cukup berat dengan seniornya, membuatnya hanya mampu berada pada sepuluh besar.
 
Kegigihan Mukhib memang belum membuahkan hasil yang maksimal tetapi penghargaan Rookie of the Year 2011 membuktikan kemampuannya sebagai pendatang baru di kelas Men Elite dan tetap bersaing dengan seniornya. 2012 menjadi tahun pembuktian Mukhib dengan merebut juara umum kelas Men Elite. Mukhib mampu bersaing dan terus berlatih untuk merebut juara pada 2013. (IDH)
 
Nama: Khoiful Mukhib
Tangga Lahir: 5 Desember 1990
Disiplin : MTB DOWNHILL & BMX SUPERCROSS
Tim : 76 Team
 
Prestasi: 
 
2010 - 1 Overall Men Sport DJARUM 76-UKDI Nasional Championship
2011 - Indonesia Downhill Best Men Elite Rookie of The Year 2011
2012 - 1 Overall Men Elite DJARUM 76 Indonesian Downhill 2012
2013 - 1 Overall Men Elite DJARUM 76 Indonesian Downhill 2013


MORE STORIES