Mengenal Nilai Sag Pada Suspensi Sepeda

Mengenal Nilai Sag Pada Suspensi Sepeda

Home » Stories » Mengenal Nilai Sag Pada Suspensi Sepeda
Boyo Maladi | 23 September 2021

Cara menyetel suspensi sepeda paling gampang adalah mengikuti aturan standar pabrik. Umumnya, untuk pengendara dengan berat badan 72-81 kg, tekanan angin pada suspensi yang direkomendasikan adalah 125-140 Pounds per Square Inch (psi).

Atau untuk berat badan 63-72 kg, tekanan suspensi 110-125 psi. Sementara berat badan 81-90 kg, tekanan suspensi 140-160 psi, dan lain-lain.

Namun demikian aturan standar pabrik seringkali dianggap belum memuaskan. Ada yang mengeluh sepeda kurang nyaman dipakai, ketika menjelajah jalanan berbatu. Ada yang merasa kurang nyaman karena benturan terasa sangat keras. 

Padahal keduanya telah menggunakan sepeda terbaru, yang telah dilengkapi full suspension tipe suspensi udara (air suspension).

Karena itulah beberapa komunitas sepeda menyarankan penyetelan suspensi dilakukan secara custom. Terutama untuk tipe air suspension yang memiliki keistimewaan bisa disetel kelenturannya.

Nah, menyetel kelenturan suspensi bisa dilakukan dengan cara mengukur sag atau pergerakan suspensi pada titik bawah ketika mendapatkan beban statis. Rekomendasi yang diberikan adalah 25-30 persen dari panjang travel

Namun bisa saja beberapa komunitas merekomendasikan angka sag yang berbeda. Lalu bagaimana cara mengukur sag itu? 

Caranya sangat sederhana. Pastikan O ring (karet gelang yang melingkar di batang travel suspensi), baik suspensi depan maupun belakang dalam posisi mentok dengan seal.

Siapkan peralatan bersepeda yang biasa melekat di tubuhmu, seperti sepatu, ransel berisi air minum dan perlengkapan lainnya. Tujuannya adalah dengan presisi mengetahui bobot yang akan ditanggung suspensi.

Kemudian naik dan duduk di sadel seperti saat akan bersepeda. Jika tak ada teman yang membantu, merapat saja atau menempel ke tembok.

Tempatkan kedua kaki pada pedal tanpa hentakan, naikkan badan sampai posisi berdiri di kedua pedal, kedua tangan dalam posisi di handle bar. Tahan beberapa saat, lalu perlahan-lahan kembali ke posisi duduk.

Selanjutnya turunlah dari sepeda. Lihat posisi O ring pada masing-masing suspensi (rear shock dan fork). Kemudian ukur jarak O ring ke posisi seal suspensi. 

Bila jarak sag seperempat atau 25% dari travel suspensi, berarti setelan suspensi sudah tepat.

Bila jarak sag kurang dari 25% berarti tekanan udara terlalu tinggi, suspensi akan terasa keras. 

Solusinya, kurangi tekanan angin. Sebaliknya bila sag lebih dari 25%, tambahkan udara dengan pompa khusus untuk suspensi.

Dengan mendapatkan angka sag yang tepat, kinerja suspensi akan maksimal. Di saat menanjak tidak terlalu empuk, begitu pun saat melintas off road tidak terasa keras.

 

Sumber: Bikeradar.com



MORE STORIES