Pertama Kali Jajal Sirkuit Mandalika, Begini Kesan Gerry Salim

Pertama Kali Jajal Sirkuit Mandalika, Begini Kesan Gerry Salim

Home » Stories » Pertama Kali Jajal Sirkuit Mandalika, Begini Kesan Gerry Salim
Boyo Maladi | 21 July 2022

Pada unggahan di akun Instagram-nya pada 10 Juni 2022 lalu, tampak foto Gerry Salim dengan keterangan, “Enjoying the test at Mandalika Circuit.”

Ketika 76Rider menanyakan hal ini, arek Suroboyo kelahiran 19 April 1997 ini membenarkan bahwa tes di sirkuit Mandalika dilakukan beberapa pekan yang lalu, tepatnya tanggal 7-9 Juni 2022. 

“Kebetulan ada jadwal tes dari Astra Honda di Mandalika dengan menggunakan motor supersport 600cc,” buka Gerry yang tergabung di 76Rider SM Squad dan sedang membesut CBR600.

Mmm... Bukankah Gerry saat ini berkompetisi di Asian Superbike 1000 (ASB) yang menggunakan motor 1000cc keluaran Honda, yakni CBR1000RRRFireblade?

Ditanya demikian, Gerry menjelaskan latihan di Sirkuit Mandalika ini tidak ada kaitannya dengan jadwal latihan di Asian Superbike

“Ini jadwal latihan sendiri bareng semua pembalap Astra Honda Racing Team. Ada Andi Gilang, Irfan Ardiansyah, Rheza Danica Ahrens, M. Adenanta Putra, Herjun Atna Firdaus, dan Gerry sendiri,” jelasnya.

Nah, tes di Sirkuit Mandalika bagi Gerry jadi momen pertama kali menjajal sirkuit kebanggaan Indonesia yang sukses menggelar MotoGP pada 20 Maret 2022 lalu.

Lantas bagaimana komentar Gerry?

“Menurut Gerry, sirkuit Mandalika ini lebih technical dibandingkan sirkuit internasional lain yang ada di Indonesia, dalam hal ini Sentul,” kata Gerry.

Sebagai sirkuit balap modern, Mandalika memiliki kualitas aspal yang bagus, fasilitas lengkap, serta safety mumpuni seperti banyak ditemukannya run off area untuk mengantisipasi terjadinya motor keluar trek.

“Dibanding Sepang (Malaysia), menurut Gerry masih lebih banyak high speed corner di Mandalika, meskipun sama-sama technical-nya. Cuma beda karakter saja,” lanjutnya.

Kabar gembira yang dibawa Gerry, setelah dipakai menggelar MotoGP pada bulan Maret 2022 lalu, sirkuit Mandalika tetap terawat.

“Sirkuit terawat sih, enggak banyak pasir. Sudah mirip kayak mau dipakai balap beneran,” info Gerry ketika ditanya 76Rider.

Malah Gerry dapat kabar seminggu sebelumnya, sirkuit Mandalika ini juga dipakai latihan cornering oleh komunitas.

“Dalam waktu dekat katanya ada kerjunas drag race di bagian straight (trek lurus) sirkuit,” pungkas Gerry yang sedang mempersiapkan diri menghadapi Asian Superbike 1000 seri 3 pada Agustus 2022 mendatang di sirkuit Sugo, Jepang, dan Suzuka 8 Hours 2022 seminggu sebelumnya. (BM)



MORE STORIES