Jambol Rajai Gelaran MTB Four-Cross: Sekedar Nostalgia Masa Lalu…

Jambol Rajai Gelaran MTB Four-Cross: Sekedar Nostalgia Masa Lalu…

Home » Stories » Jambol Rajai Gelaran MTB Four-Cross: Sekedar Nostalgia Masa Lalu…
Boyo Maladi | 27 February 2022

Ada yang menarik selama berlangsungnya latihan bersama (latber) Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Jepara yang telah digelar tiga kali selama 2021 lalu, yakni 27 Agustus, 26 September, dan 5 Desember.

Pada latber BMX Race tersebut, ISSI Jepara membuka kelas tambahan MTB Four-Cross. Jarang dengar kan?

“Memang MTB Four-Cross jarang diselenggarakan apalagi di Indonesia,” kata Mohammad Abdul Hakim atau lebih akrab disapa Jambol yang kini tergabung dalam 76Rider Downhill Squad.

Jambol menambahkan, alasan MTB Four-Cross jarang diselenggarakan adalah karena cabang olahraga ini membutuhkan trek lebar untuk menggelarnya.

“Sebenarnya MTB Four-Cross hampir sama dengan Downhill. Jadi balap menuruni medan menurun begitu, tapi kalau Downhill kan start satu-per-satu. Sementara MTB Four-Cross ini start langsung 4 rider. Karena itu, di Indonesia kemudian MTB Four-Cross ini, kalau digelar, biasanya jadi kelas tambahan di event BMX Race,” ungkap Jambol. 

Nah, di ajang latber BMX ISSI Jepara lalu terbilang unik. MTB Four-Cross digelar dengan format start langsung 8 rider.

 “Jadi hampir mirip dengan BMX Race yang juga pakai format start 8 rider, tapi ini pakai MTB,” jelas Jambol sambil menambahkan format start 8 rider tersebut dipakai karena peserta hanya sedikit.

“Ya, kan memang ajang latber ini tertutup. Hanya bagi rider Jepara saja,” sergah Jambol. 

Sistem kompetisinya menggunakan sistem Moto, yaitu Moto 1, Moto 2, dan Moto 3, dimana dalam setiap Moto diambil pembalap terdepan sebagai pemenang.

“Ini juga yang membedakan dengan Downhill yang pakai sistem time trial atau penghitungan waktu tercepat, kalau MTB Four-Cross ini sistemnya race,” lanjut Jambol.

Lantas apa keterlibatan Jambol dalam ajang MTB Four-Cross tersebut? Dengan basic-nya sebagai pemain BMX Race sebelum pindah ke Downhill, gelaran MTB Four-Cross pantang dilewatkan Jambol yang mengaku berpengalaman mengikuti lomba di cabang olahraga tersebut.

"Sejak mengawali karier sebagai rider BMX Race tahun 2011 lalu saya sudah sering main MTB Four-Cross, kok. Malah sudah sering juara sejak dari junior,” kata Jambol. 

“Selain itu, ya sebagai nostalgia lah main MTB Four-Cross,” tambahnya. 

Tentu nostalgia yang manis bagi Jambol, sebab selama MTB Four-Cross digelar tiga kali dalam latber ISSI Jepara lalu, Jambol selalu keluar sebagai juara pertama di 3 seri tersebut!

“Ya lumayan lah, sambil melatih skill juga dapat duit buat jajan,” senyum Jambol. (BM)



MORE STORIES