Tips Membeli Sprocket Gear Aftermarket untuk Supermoto

Tips Membeli Sprocket Gear Aftermarket untuk Supermoto

Home » Stories » Tips Membeli Sprocket Gear Aftermarket untuk Supermoto
Boyo Maladi | 10 October 2021

Sprocket gear mempunyai peran penting dalam memindahkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Dari sini perangkat yang meliputi rantai dan gear depan-belakang dipandang penting, terutama jika menyangkut performa seperti yang dibutuhkan motor-motor supermoto.

Sebesar apapun tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin, tidak akan tersalurkan dengan baik ke roda belakang, tanpa ditunjang sprocket gear mumpuni.

Karena itulah di pasaran ada banyak sprocket gear keluaran aftermarket yang ditawarkan. Menurut Jannal Sung, pemilik, DQ Motor Trail Shop, bengkel dan toko khusus motor trail di kawasan Jl. Ketintang Baru Selatan, Surabaya, sprocket gear keluaran aftermarket memiliki beberapa keunggulan.

“Keunggulan pertama biasanya dari material. Ada yang dari material aluminium sehingga lebih ringan,” tutur pria kelahiran Merauke tahun 1979 yang doyan menekuni olahraga off-road sejak 2002.

Keunggulan lain menurut Jannal terletak pada bentuk desainnya yang enak dipandang, juga warna-warni lebih bervariasi.

“Pastinya harus memilih kualitas dari sprocket gear aftermarket karena sekarang banyak pilihan merek di pasaran, tapi tidak semua berkualitas,” lanjut Jannal.

Untuk mendapatkan sprocket gear aftermarket yang sesuai keinginan, Jannal pun memberikan beberapa tips singkat saat membeli.

“Perhatikan jumlah gigi sprocket atau gear sesuai kebutuhan, perhatikan tipe gear harus sesuai dengan tromol atau hub yang dipakai, sehingga enggak perlu lagi memodifikasi gear-nya, juga perhatikan pemilihan bentuk gear supaya enak dipandang,” tutur Jannal.

Berikut adalah beberapa merek sprocket gear aftermarket yang beredar di pasaran, berikut estimasi harganya:

Merek                         Harga

- Renthal                      Rp 1.5 juta

- Tag Metal                  Rp 1.5 juta

- Pro X                          Rp 1 juta

- ROZ                           Rp 800 ribu

- TK Racing                  Rp 200 ribu

- SSS                             Rp 250 ribu

- Scarlet                       Rp 250 ribu

- Wilwood                    Rp 175 ribu



MORE STORIES